Pelantar.id – Keberadaan Bigfoot, makhluk misterius yang melegenda dan dipercaya hidup di hutan Amerika Utara masih dipertanyakan.

Begitu pula dengan ada tidaknya Yeti, makhluk mitos yang juga masih dipercaya hidup di pegunungan Himalaya, Nepal.

Belum ditemukan bukti yang valid tentang bentuk Bigfoot maupun Yeti dari komunitas ilmuan yang pernah melacaknya. Ada yang berasumsi bahwa Yeti masih saudara Bigfoot dari Himalaya.

Diantara pendaki Himalaya yang mengaku pernah menemukan jejak kaki Yeti di pegunungan tersebut, umumnya menggambarkan Yeti seperti beruang atau makhluk berbulu bertubuh besar. Ada juga yang mengatakan Yeti mirip kera dengan perawakan tubuh seperti manusia.

Pun ilustrasi foto Yeti yang tersebar di internet, Yeti digambar sebagai makhluk berbulu yang menyeramkan.

Akhirnya kisah Yeti menarik perhatian rumah produksi Dreamworks Animation untuk di filmkan. Namun, tak seperti yang digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan, sosok Yeti dibuat lebih lucu dan bersahabat dalam sebuah film animasi komputer yang berjudul Abominable.

Sosok Yeti yang digambarkan di kehidupan nyata.

Abominable tetap mengarahkan cerita bahwa Yeti adalah makhluk misterius yang memang hidup di pegunungan Himalaya tapi memiliki kekuatan super.

Berawal dari pelarian Yeti dari markas laboratorium yang mengurungnya dari sejak bayi. Yeti berhasil melarikan diri hingga ke kota dan bersembunyi di atas apartemen Yi (Chloe Bennet).

Singkat cerita, Yi seakan tidak percaya bahwa ia akan bertemu dengan Yeti yang dianggapnya masih legenda. Berlatar kota Shanghai, akhirnya Yi dapat mendekatkan diri kepada Yeti dan Ia memberi nama makhluk tersebut dengan sebutan Everest seperti iklan yang sering dilihatnya dari atas rumah.

Namun, pelarian dan persembunyian Yeti tak berjalan mulus karena masih dicari komplotan Burnish (Eddie Izzard), seorang pria kaya raya yang menangkap Everest.

Sementara Yi berusaha untuk mengembalikan Yeti ke gunung Himalaya yang pada akhirnya dibantu oleh dua temannya Jin (Tenzing Norgay Trainor) dan Peng (Albert Tsai).

Petualangan seru film ini dimulai saat Yi dan kawan-kawannya berusaha mengembalikan Everest ke keluarganya. Namun, perjalanan mereka tidak akan mudah.

Selama pelarian kita akan disuguhkan dengan pemandangan indah di daratan Himalaya. Meskipun animasi, namun keindahannya masih dapat dinikmati. Plusnya, film ini disisipkan salah satu lagu Coldplay, Fix You.

Abominable hanya bertahan beberapa hari di bioskop Indonesia. Film petualang ini lebih cocok disuguhkan untuk anak-anak karena sangat ringan dan tontonannya menyenangkan.

Score pelantar: 7