pelantar.id Tim Nasional Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 2-4 pada pertandingan lanjutan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/18) malam. Skuad Garuda memang pantas kalah, karena buruknya kinerja para pemain.

Para pendukung Indonesia sempat bersorak riuh saat Zulfiandi berhasil merobek jala Thailand yang dijaga kiper Siwarak Tedsungnoen di menit ke-29.  Pemain asal Aceh itu melakukan sepakan keras dari luar kotak pinalti setelah mendapat umpan datar dari sepakan pojok yang dilakukan Evan Dimas.

Iklan

Namun, ketenangan dan rapinya koordinasi antar lini Timnas Thailand, membuat anak asuh Bima Sakti harus keluar dari lapangan dengan kepala tertunduk. Hanya berselang 9 menit, Thailand mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol cantik
Korrakot Wriya-Udomsin pada menit ke-38.

Gol tercipta dari sepakan pojok. Korrakot yang mengambil tendangan itu, menyepak bola dengan melengkung mengarah ke tiang jauh. Bola meluncur masuk tanpa bisa dihalau kiper Indonesia, Awan Setho.

Thailand berbalik unggul pada pengujung babak pertama lewat gol Pansa Hembivoon. Pada babak kedua, berbagai kesalahan terus dilakukan para pemain Indonesia terutama di barisan pertahanan. Thailand menjauh setelah mencetak gol ketiga lewat Adisak Kraisorn di menit ke-65.

Tuan rumah kembali menghukum kesalahan pemain-pemain  Indonesia dengan mencetak gol keempat pada menit ke-74. Skor pun menjadi 4-1 untuk Thailand. Gol itu berawal dari kesalahan Zulfiandi yang gagal mengirim operan kepala dengan sempurna sehingga bola direbut pemain Thailand.

Lewat serangan balik cepat, Wichaya Dechmitr kemudian mengirim umpan ke Pokklaw Anan yang melepaskan bola cungkil ke atas kepala Awan Setho. Jelang menit akhir, Indonesia bisa  memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 lewat gol Fachruddin Aryanto.

Bek Madura United itu sukses menyambut umpan tendangan sudut dari Riko Simanjuntak pada menit ke-89. Hingga wasit meniup peluit, skor tak berubah.

Kekalahan ini membuat peluang Indonesia melaju ke babak semifinal semakin tertutup. Skuad Garuda baru mengumpulkan 3 poin hasil dari 3 kali main. Di laga terakhir, Indonesia akan menjamu Filipina pekan depan.

Saat ini, Indonesia bercokol di posisi keempat klasemen Grup B, di bawah Singapura (3 poin) dan Filipina (6 poin). Filipina sendiri menang 3-2 atas Timor Leste dan baru bermain dua kali. Sementara, Thailand mantap di posisi pertama dengan enam poin dari dua laga.

Susunan pemain Thailand vs Indonesia:

Thailand:

23-Siwarak Tedsungnoen; 4-Chalermpong Kerdkaew, 6-Pansa Hemviboon, 13-Philip Roller, 24-Korrakot Wriya-Udomsin; 8-Thitiphan Puangjan, 11-Mongkol Thosakrai, 14-Nurul Sriyankem, 17-Tanaboon Kesarat, 29-Sanrawat Dechmitr; 9-Adisak Kraison

Indonesia;

12-Awan Setho; 3-Alfath Fathier, 16-Fachruddin, 23-Hansamu Yama, 2-Putu Gede; 6-Evan Dimas, 4-Zulfiandi, 10-Stefano Lilipaly; 21-Andik Vermansah, 25-Riko Simanjuntak; 9-Alberto Goncalves

Editor : Yuri B Trisna

Iklan