pelantar.id – Timnas Indonesia dipastikan tercampak lebih awal dari ajang Piala AFF 2018. Meski masih menyisakan satu pertandingan melawan Filipina, namun poin tim asuhan Bima Sakti sudah tak bisa lagi mengejar tim-tim di atasnya.

Di klasemen sementara Grup B, Indonesia memiliki 3 poin dari tiga kali pertandingan. Poin tersebut diraih atas kemenangan melawan Timnas Timor Leste. Sementara, di pertandiangan pertama, Indonesia ditekuk Singapura 0-1, dan di laga ketiga dibungkam Thailand dengan skor 2-4.

Indonesia berada di peringkat 4, di bawah Singapura (6), Filipina (7) dan Thailand (7) yang memuncaki klasemen. Peluang Indonesia untuk melaju ke babak berikutnya tertutup setelah Thailand bermain imbang 1-1 melawan Filipina, Selasa (21/11/18) malam. Di waktu yang sama, Singapura yang menghadapi Timor Leste pesta gol 7 berbalas 1.

Di pertandingan akhir Grup B, Indonesia akan menghadapi Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11). Apapun hasil laga tersebut, tidak akan berpengaruh pada Indonesia.

Jika pun Indonesia menang, poin skuad Garuda menjadi 6. Artinya, masih di bawah Thailand dan Filipina. Jangankan dengan dua negara itu, perbandingan dengan Singapura saja, Indonesia masih kalah baik selisih gol maupun head to head.

Bima Sakti Minta Maaf

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama para pecinta bola Tanah Air. Sebagai permohonan maaf, ia menjanjikan kemenangan saat Hansanu dan kawan-kawan menjamu Filipina di laga terakhir.

“Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pendukung dan masyarakat Indonesia. Kami harus gugur. Kami berjanji akan mnenutupnya dengan kemenangan tanggal 25 (melawan Filipina) nanti,” katanya dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu (22/11/18).

Bima Sakti juga berpesan kepada para pemainnya agar tetap semangat menjalani laga terakhir itu, meski Indonesia sudah tersingkir di Piala AFF 2018.

“Perjuangan belum selesai, tetaplah semangat, berikan yang terbaik,” katanya.

 

Editor : Yuri B Trisna