pelantar.id Tidak ada yang namanya sukses instan, itu benar. Untuk menjadi sukses dalam hal apapun, membutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak singkat.

Namun, Anda tak perlu takut salah, karena salah adalah wajar. Justru dari kesalahan itulah kita menjadi sadar bahwa kita telah bergerak dan memulainya.

Iklan

Menciptakan bisnis baru/startup yang sukses memang rumit. Tapi, tak berarti mustahil.

Lantas, apa saja yang diperlukan sebelum untuk memulai karir sebagai entrepreneur? Berikut ini 8 strategi sederhana untuk memulainya.

1. Fokus dengan satu produk/jasa

Awal membuka bisnis biasanya banyak hal yang ingin dipasarkan dengan tujuan mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan cepat. Padahal, semua butuh proses dan nggak instan.

Untuk itu, ketika memulai bisnis cobalah fokus pada satu produk/jasa yang ingin dipasarkan. Jika produk/jasa pertama dijual ke pasar dan laku, baru bisa mencoba memasarkan produk/jasa berikutnya, dengan harapan mendapatkan hasil yang sama seperti sebelumnya.

2. Harus orisinil, kreatif dan susun strategi

Ilustrasi, menyusun strategi bisnis

Kemampuan berpikir cerdas dan cepat serta menjadi kreatif adalah unsur strategi bisnis yang harus diingat di benak banyak orang. Tanamkan gagasan bahwa setiap individu itu unik dan punya ide kreatif yang berbeda dari yang lainnya

Seseorang harus mulai berpikir bahwa kreativitas yang orisinil selalu lebih baik daripada peniruan yang ingin terlihat seperti orang lain. Dan dalam bisnis, pemasaran adalah segalanya.

Karena itu, sebaiknya Anda bisa menyusun anggaran, rencana dan strategi untuk menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya.

3. Fokus pada klien/pelanggan

Pahami dan upayakan memberikan yang terbaik untuk calon pelanggan/customer. Buatlah mereka yakin bahwa produk/jasa yang dimiliki dan ditawarkan oleh bisnis yang sedang dibangun mempunyai nilai lebih dari yang mereka (customer) butuhkan.

4. Jadilah pendengar dan terima kritik maupun saran/ide baru

Untuk yang akan jadi atau yang sudah menjadi pemimpin, bukan berarti berkewajiban selalu memberikan nasihat ke bawahannya. Seorang pemimpin tentu masih punya kekurangan dalam bidang/titik tertentu.

Sesekali jadilah pendengar dan membuka diri serta pikiran untuk menerima ide-ide baru.

5. Bentuk tim yang tepat

Ilustrasi, membangun tim yang hebat

Tak mungkin membangun bisnis tanpa bantuan dari orang lain. Dalam membangun sebuah bisnis, diperlukan bantuan orang-orang hebat di dalamnya.

Meskipun bisa dilakukan sendiri, tapi hasilnya tidak akan maksimal. Karena itu, jangan takut untuk merekrut orang-orang yang lebih pintar dan berpengalaman daripada diri sendiri.

Kemudian, berbicaralah secara terbuka mengenai bisnis yang sedang dibangun untuk menjadi kerajaan bisnis kelas unicorn.

6. Buat keputusan yang bagus

Dalam berbisnis tentu ada masalah yang selalu menghalangi. Walau nantinya akan dijumpai masalah yang sangat rumit dan sulit untuk mengambil keputusan, putuskanlah follow-up berdasarkan data dan fakta.

Jangan sampai mengikuti emosi dan perasaan semata, Hal itu justru akan menghancurkan bisnis yang sedang dibangun.

7. Berani mengambil risiko

Ilustrasi, seseorang yang berani mengambil risiko untuk maju

Mengambil risiko dengan beberapa pendekatan baru juga harus dilakukan, bahkan untuk perusahaan berskala kecil/rintisan. Percayalah, keberanian mengambil risiko akan berbuah manis, apalagi jika disertai kerja keras.

8. Bersiap untuk gagal, tapi jangan putus asa

Siapa yang ingin sukses? Tentu semuanya menginginkan hal itu. Tapi, sebagai seorang entrepreneur, harus bersiap untuk gagal.

Namun, jangan sampai setelah merasakan gagal langsung menyerah dan putus asa. Jadikan kegagalan sebagai pelajaran untuk maju lebih jauh lagi.

Sumber : idnnews.com

Iklan