pelantar.id – Kantor Imigrasi Kelas I Khusu Batam membuat terobosan baru untuk pengurusan paspor yaitu SMS Gateway. Dengan program ini, para pemohon yang ingin mengambil paspornya tak perlu lagi antre berlama-lama di Imigrasi.

Kepala Imigrasi Kelas I Batam, Lucky Agung Binarto mengatakan, SMS Gateway diluncurkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi masyarakat yang mengurus paspor, nanti akan diinformasikan melalui SMS apakah paspornya sudah selesai atau belum,” ujar Lucky di Kantor DPRD Batam, Senin (19/11).

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto.
Foto: PELANTAR/Fathurrohim

Ia menjelaskan, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Imigrasi. Segala informasi pengurusan paspor akan diinformasikan melalui pesan singkat atau SMS.

“Nanti, begitu pemohon menerima SMS, bisa langsung tunjukkan ke petugas, lalu tinggal ambil paspornya. Tak perlu lagi mengantre lama-lama,” ujar Lucky.

Selain program SMS Gateway, Imigrasi Batam juga akan menambah kuota pengurusan paspor. Mulai tahun 2019, Imigrasi Batam akan menambahkan server, dan kewenangan penambahan kuota tidak lagi harus di Jakarta.

“2019 nanti cukup di divisi Imigrasi yang ada di Tanjungpinang saja. Karena yang tahu tentang kebutuhan paspor itu adalah daerah masing-masing. Jadi cukup di wilayah. Agar birokrasinya tidak panjang,” ungkapnya.

Baca Juga :

1.148 Pemohon Paspor di Kepri Ditolak

Lucky menambahkan, kuota pengurusan paspor saat ini sebanyak 350 buku saja per hari. Tahun depan kuotanya naik.menjadi 500 paspor setiap harinya.

“Rata-rata pengajuan permohonan pembuatan paspor di Batam berkisar antara 500 hingga 700 setiap hari. Karena itu, perlu ditambahkan agar dapat maksimal melayani masyarkat,” pungkasnya.

 

 

 

Reporter: Fathurrohim
Editor : Yuri B Trisna