pelantar.id – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI ) di Singapura  mempromosikan potensi wisata Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau pada 12  Diplomat Asing yang berada di Singapura dan Jakarta. Promosi itu  dikemas dalam acara Ambassadors’ Familiarization Trip to Bintan & Batam di Bintan Lagoon Resort, Lagoi, Bintan.

Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya mengatakan,  selain diikuti oleh 12 duta besar dari negara-negara sahabat, acara itu juga dihadiri investor, maupun pelaku usaha lainnya. Menurutnya, kegiatan tersebut  merupakan bagian upaya mewujudkan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

“Bintan memiliki banyak potensi baik itu destinasi wisata maupun atraksi kebudayaannya. Bintan juga dekat dengan Singapura, ini sangat bagus,” kata Ngurah Swajaya dalam siaran persnya, Minggu (25/11/18).

Keindahan Gunung Bentan, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bintan.
Foto: Yuri B Trisna/PELANTAR.ID

Ia berharap, dengan dipromosikannya Bintan kepada para diplomat asing, semua potensi wisata di Bintan dapat lebih dikenal oleh masyarakat dunia, termasuk para pelaku usaha internasional. Selama ini, Bintan merupakan salah satu destinasi utama masyarakat Singapura yang ingin berwisata ke Indonesia.

Baca Juga : 

Menjual Potensi Bintan ke Spanyol

Selain warga Singapura, wisman dari negara lain juga sering menjadikan Singapura sebagai kota transit untuk masuk ke Bintan.

Bukan hanya wisman, Singapura pun menjadi penyumbang terbesar investasi asing di Indonesia. Sampai September 2018, nilai investasi dari Singapura tercatat sebesar 6,7 miliar dollar Amerika Serikat. Nilai tersebut naik sekitar 10 persen dibanding periode yang sama tahun 2017.

Sementara, kunjungan wisman asal Singapura  naik  sekitar 9,8 persen menjadi 1,78 juta wisman dibanding September 2017.

“Saya optimistis target 20 juta wisman  dapat tercapai,” kata Ngurah Swajaya.

Baca Juga :

Kemenpar Berencana Gaet Scoot Airline untuk Wisata Batam Bintan

Duta Besar Portugal untuk Singapura, Luis Lorvao mengaku sudah tiga kali mengikuti acara bertemakan pariwisata Indonesia. Dan ia mengaku sangat senang, karena Indonesia selalu menawarkan sesuatu yang baru.

“Selalu ada saja yang baru dari destinasi wisata di Indonesia. Yang dilakukan  Pemerintah Indonesia sangat bagus, saya sangat mengapresiasi,” katanya.

***