pelantar.id – Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) sekarang sudah punya Kampung Tertib Lalu Lintas, lokasinya di Perumahan Balai Bukit Permai RT 001 RW 002 Kelurahan Kapling Kecamatan Tebing.

“Kampung Tertib Lalu Lintas ini berbasis polantas. Yang merupakan program dari Polri untuk mendukung keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas,” kata Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya saat meresmikan kampung itu, Kamis (27/12/18).

Menurutnya, Kampung Tertib Lalu Linntas terwujud atas dukungan dan partisipasi masyarakat perumahan setempat. Dengan menjadi kampung percontohan tertib berlalu lintas, maka warga yang berdomisili di perumahan tersebut wajib berperilaku disiplin di lingkungan tempat tinggalnya.

“Warga yang melewati jalan di Perumahan Balai Bukit Permai wajib menaati peraturan lalu lintas dan berkendara yang berlaku. Tanpa terkecuali, siapapun itu,” ujar Hengky.

Hengky menegaskan, warga yang menggunakan sepeda motor, meski sekadar ke warung atah rumah tetangga sekitar, maka wajib melengkapi diri mulai dari mengenakan helm, melengkapi dokumen dan sebagainya. Karena menurutnya, kecelakaan berkendara tidak kenal jarak dekat ataupun jauh.

Dilengkapi Fasilitas Latihan

Di Kampung Tertib Lalu Lintas itu juga dilengkapi fasilitas layaknya tempat praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mapolres Karimun. Adanya fasilitas itu dimaksudkan agar masyarakat dapat berlatih terlebih dahulu dalam melewati empat tahapan ujian praktik berkendara yang baik dan benar.

Personel Polres Karimun mencoba fasilitas latihan di Kampung Tertib Lalu Lintas Karimun, Kamis (27/12/18).
Foto : Abdul Gani/PELANTAR.ID

Misalnya, praktik tikungan angka delapan, reaksi berkendara, zig zag dan kesigapan. Warga dari luar kompleks perumahan juga diperbolehkan menggunakan lokasi latihan tersebut.

“Jadi dimulai dari yang kecil dulu, dengan tertib berlalu lintas di kampung sendiri. Tentu tidak hanya masyarakat setempat saja yang harus menaati peraturan, orang luar yang datang juga wajib taat aturan,” katanya.

“Ke depan, Kampung Tertib Lalu Lintas ini akan kita bentuk lagi di daerah lain. Saat ini sudah banyak warga yang meminta wilayahnya ikut dimasukkan dalam program ini,” sambung Hengky.

*****

Reporter : Abdul Gani
Editor : Yuri B Trisna