pelantar.id – Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun bersama Pemerintah Kabupaten Karimun mendeklarasikan gerakan Karimun Bebas Sampah, di Coastal Area, Jumat (9/11/18). Agar deklarasi tidak sebatas seremoni, seluruh elemen masyarakat Karimun juga dilibatkan dalam gerakan cinta lingkungan tersebut.

Dandim 0317 Tanjungbalai Karimun, Letkol Ar. Rizal Analdie mengatakan, deklarasi tersebut merupakan tindak lanjut dari intruksi Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Gabriel Lema.

“Tafi juga sudah dilaksanakan video conference bersama Pak Brigjen TNI Gabriel Lema,” katanya.

Dalam video conference itu, juga ikut Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya.

“Tujuan deklarasi ini untuk menjadikan wilayah Kepri khususnya Kabupaten Karimun bersih dan bebas sampah,” kata Rizal.

Dandim 0317 Tanjungbalai Karimun, Letkol Ar. Rizal Analdie bersama Bupati Karimun, Aunur Rafiq melakukan video conference dengan Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Gabriel Lema, Jumat (9/11/8).
Foto: PELANTAR/Abdul Gani

 

Menurutnya, melalui deklarasi tersebut, seluruh masyarakat Karimun diajak bersama-sama membangun kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. Tidak membuang sampah sembarangan di darat maupun di laut.

Di tempat yang sama, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, deklarasi ini sejalan dengan program pemerintah daerah yakni mewujudkan Karimun Bersih.

“Mudah-mudahan masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Gerakan ini juga sejalan dengan semangat Perda Kebersihan yang sudah disahkan,” kata dia.

 

 

Reporter : Abdul Gani
Editor : Yuri B Trisna