pelantar.id – Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menggelar kampanye pencegahan penyakit TB dan HIV/AIDS di Coastal Area, Minggu (18/11). Kegiatan itu merupakan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengajak masyarakat bersama-sama mencegah penularan penyakit TB, dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

Iklan

“Makanan bergizi seimbang penting agar daya tahan tubuh meningkat dan terbebas dari penyakit. Perilaku ini perlu dilakukan dengan ditunjang oleh lingkungan yang bersih,” katanya.

Terhadap pencegahan HIV/AIDS, Rafiq mengatakan, masyarakat tentu sudah mengetahui penyebab penularan penyakit mematikan tersebut. Oleh karena itu ia mengimbau agar masyarakat menghindari berganti-ganti pasangan, dan menjauhi narkoba.

“Mari kita ciptakan Karimun yang sehat, sehingga masyarakat Karimun terhindar dari penyakit yang berbahaya ini,” ajak Rafiq.

Peserta gerak jalan peringatan HKN ke-54 di Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Minggu (18/11/18).
Foto: PELANTAR/Abdul Gani

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rahmadi mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengertian kepada masyarakat tentang stigma penyakit- penyakit menular yang mematikan.

“Di samping itu kita juga mendorong masyarakat untuk melakukan pemeriksaan terhadap gejala- gejala penyakit, agar dapat dilakukan penanganan medis. Motto kita adalah Temukan, Obati sampai Sembuh (TOS). Karena itu, kita ingin memberikan pengertian kepada masyarakat agar tahu dan paham sehingga dapat bersama-sama melakukan pencegahan,” ucapnya.

Baca Juga : 

Penderita Gizi Buruk di Karimun Bertambah Menjadi 8 Kasus

Sosialisasi tersebut disejalankan dengan bakti sosial pengobatan gratis, senam, jalan sehat, donor darah dan pengecekan IVA secara gratis.

 

 

Reporter : Abdul Gani
Editor : Yuri B Trisna

Iklan