pelantar.id – Dian Rafinasari, putri Bupati Karimun, Aunur Rafiq dinyatakan tak lulus dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Fina bersama 2.398 peserta lainnya tak mampu melampaui ambang batas atau passing grade, pada Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang digelar Sabtu dan Minggu (3- 4/11/18) di Hotel CK Tanjungpinang.

Sebelumnya, ada 2.451 peserta yang hadir mengikuti tes SKD CPNS tersebut, termasuk Dian Rafinasari, putri bungsu Aunur Rafiq.

“Yang lulus hanya 52 orang, artinya ada 2.399 peserta yang tak lulus dari 2.451 peserta yang ikut. Termasuk anak saya pun tak lulus ujian SKD itu,” kata Aunur Rafiq di Tanjungbalai Karimun, Kamis (8/11/18).

Bupati Karimun, Aunur Rafiq

Menurut Rafiq, putri keduanya itu mengikuti formasi yang ada di Dinas Sosial Kabupaten Karimun. Namun nasib berkata lain, Dian Rafinasari dinyatakan tak lulus bersama ribuan peserta lainnya dari kampung halamannya itu.

“Saya pun tidak tahu kenapa banyak yang tidak lulus, kalau menurut keterangan dari beberapa peserta yang saya tanya, katanya soalnya susah. Belum lagi waktu yang disediakan tak cukup. Itu penjelasan rata-rata peserta,” kata dia.

Saat mengetahui kalau putrinya itu gagal lulus, Aunur Rafiq tak bersedih hati. Ia malah mengucap syukur.

“Ya diterima saja, Alhamdulillah. Kalau lulus pun nanti takutnya jadi masalah juga, nanti dibilang ada sesuatu. Kalau perasaan sedih pasti ada, tapi ya tak terlalu juga, pasti ada hikmahnya,” ujar Rafiq.

Baca Juga : 

Rafiq mengaku telah menginstruksikan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Kabupaten Karimun, agar menyurati Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB), agar sisa yang formasi yang tersedia tetap menjadi milik Kabupaten Karimun. Sehingga tidak diisi dari daerah lain.

“Nanti kita lihat bagaimana formasi yang akan diberikan untuk mengisi formasi yang kosong itu. Apakah dengan menaikkan atau menurunkan passing grade atau kita ujian ulang lagi. Menurut, kalau bisa ujian ulang agar yang belum berhasil bisa ikut lagi,” ujarnya.

Dalam tes CPNS untuk Pemkab Karimun di Hotel CK Tanjungpinang tersebut, ada 173 peserta yang tidak ikut ujian tanpa alasan. Dengan demikian, sesuai ketentuan, mereka dianggap mengundurkan diri dan gugur.

 

 

Reporter : Abdul Gani
Editor : Yuri B Trisna