Pelantar.id – Pasar Mangrove Batam raih dua penghargaan di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, Kamis (22/11/2018). Pasar Mangrove menjuarai kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler dan menjadi Juara Favorit yang dinisiasi Kementerian Pariwisata.

Nunung Soelistyanto, yang mewakili destinasi digital Pasar Mangrove Batam pada malam anugerah di Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta mengungkapkan rasa gembiranya dari hasil perjuangan membangun destinasi itu.

“Raihan ini merupakan kegembiraan yang luar biasa, tapi ini menjadi PR bagaimana tetap mempertahankan agar menjadi lebih baik lagi,” kata Nunung, Juma (23/11/20180.

Keberhasilan Pasar Mangrove patut diacungkan jempol karena menurut Nunung persaingan cukup ketat dan diikuti oleh destinasi-destinasi yang sudah mapan. Sementara Kampung Mangrove sendiri baru berdiri kurang lebih satu tahun.

“Pesaing-pesaing kita di antaranya adalah Geopark Ciletuh di Sukabumi dan Lava Bantal di Sleman. Awalnya sempat pesimis, namun ternyata Pasar Mangrove yang didapuk sebagai juaranya,” tutur Nunung.

Lanjut Nunung, tempat wisata besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kepulauan Riau (Kepri) ini tentunya setelah mendapatkan penghargaan harus kembali bekerja keras. Nunung dan pasukan GenPI Batam mengaku sudah memikirkan langkah-langkah selanjutnya agar Pasar Mangrove terus berkembang. Nunung berharap ada perhatian dari pemerintah daerah.

“Kita ingin ada peran serta Pemkot Batam untuk mengembangkan pasar ini. Yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas fasilitas dan wahana-wahana lain yang menunjang kenyamanan wisatawan di tempat itu,” ujar Nunung.

Selain itu Nunung juga berharap menjalin kerja sama dengan pihak swasta atau perusahaan perbankan untuk pengembangan fasilitas dan co branding. Saat ini menurutnya, fasilitas yang dimiliki Pasar Mangrove dirasa masih kurang.

“Kita memang sudah punya toilet dan fasilitas musholah yang merupakan sumbangan Paguyuban Sugeng Indonesia. Ada juga Bank Indonesia yang beberapa waktu lalu memberikan perahu karet. Namun sebagai destinasi wisata yang sudah mulai dilirik oleh wisatawan asing, fasilitas –fasilitas yang ada perlu ditingkatkan.

Pasar Mangrove memiliki potensi yang besar untuk menarik para wisatawan asing. Bulan November ini, kata Nunung sudah ada 300 wisman yang mengunjunginya. Sementara hari Jumat (23/11) ini, ada kunjungan dari beberapa mahasiswa UTM asal Malaysia yang ingin melakukan pelatihan di sana.

==============
sumber: genpi.co