Pelantar.id – Untuk menarik minat para kulinerian, sebuah resto maupun kafe harus punya daya tarik tersendiri. Mungkin keunikan itu dengan menyediakan menu-menu makanan andalan yang berbeda dari resto lainnya atau bisa juga dengan menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantap.

Begitu pula yang tampaknya dilakukan oleh Kyan’s Kafe di Batam. Sebuah kafe yang sebelumnya sudah berdiri selama satu tahun. Tapi kafe ini direnew kembali setelah pindah ke tempat yang baru.

Semula Kyan’s berlokasi di kawasan Batam Kota. Sekarang di lokasi barunya berada di jalan Seruni Indah atau belakang K Hotel Seraya, Batam. Kyan’s akan resmi di buka dalam re-opening pada Jumat (23/11/2018).

Apa yang ditawarkan oleh Kyan’s Kafe ini? berbincang dengan salah seorang pengelolanya, Ari, laki-laki berkacamata ini menjelaskan konsep kafe Kyan’s tidak jauh berbeda dengan konsep terdahulu. Hanya ada beberapa tambahan saja berupa menu-menu baru.

Sebelumnya, Kyan’s menggunakan dominasi bangunan berupa kaca yang disanding dengan interior kayu pada barnya dan koleksi pernak-pernik kuno pengisi interiornya. Hal serupa masih dipertahankan di tempat yang baru, terutama untuk koleksi barang-barang antik.

foto: elizagusmeri/pelantar.id

Kata Ari, konsep tersebut menjadi konsep pilihan pemilik kafe yang memang sengaja mengumpulkan barang-barang antik.

“Kami mencari barang-barang antik ini selama dua tahun sebelum mendirikan kafe ini, kami cari di Bali,” ujar Ari saat ditemui di Kyan’s, Kamis (22/11/2018).

Barang-barang antik yang dipajang berupa baju perang besi, televisi tabung, lampu-lampu antik dan masih banyak lagi. Untuk meja-meja makan bentuknya juga berbeda-beda dan unik. Misalnya seperti meja makan dengan kaki berupa alat pembuat es serut.

Interior ruang Kyan’s berpadu dengan dinding kayu di sisi kanan dengan dua ruang makan yang dibatasi jendela kaca dengan pola persegi. Masih disediakan bar di sini yang siap dengan kopi ala baristanya.

Menu andalan berawal dari mie

Mie termasuk makanan yang paling disuka masyarakat Indonesia. Selain makanan yang praktis, mie adalah makanan yang paling seru disantap ramai-ramai.

Atas dasar inilah, Kyan’s Kafe mengolah mie sebagai menu baru. Tapi dengan racikan ala Kyan’s Kafe. Sang pengelola, Ari menyebut menu baru tersebut Mie Foursome Spesial dan Mie Foursome Premium.

“Ini menu tambah kami disamping mempertahankan menu lama seperti spageti. Mengapa mie? karena kita tahu orang senang makan mie maka kami buatkan dua menu mie yang berbeda. Nah, untuk menyantapnya harus beramai-ramai karena disajikan dalam mangkok besar,” kata dia.

Untuk Mie Foursome Spesial, adalah mie rebus atau mie goreng yang ditambahkan bakso, sosis atau daging ayam. Sementara Mie Foursome Premium ditambahkan daging atau beef. Pengunjung tinggal memilih sesuai selera.

Porsi dua menu mie ini sangat besar. Sesuai namanya “foursome” dapat disantap untuk empat orang. Namun, ketika disajikan sepertinya cukup disantap maksimal enam orang.

Mie foursome rebus, kuahnya disajikan terpisah di dalam teko. Kita harus menuangkan kuah ke dalam mangkok mie. Mie foursome juga ditambahkan sayur-sayuran dan pilihan cabai uleg.

Berapa harga semangkok mie jumbo ini? Untuk yang spesial ditawarkan Rp 75 ribu sedangkan untuk premium Rp 150 ribu.

Menu fitnes hingga kopi ala barista

Menu lainnya yang ditawarkan Kyan’s adalah paket menu fitnes. Jenis menu ini disebut Ari sebagai menu andalan sebelumnya.

“Iya ini semacam menu sehat untuk kalangan fitnes, menunya berupa paket fitness Chicken Breast dan paket fitness Dory, menu ini ditambahkan sayuran-sayuran, dengan pilihan di steam atau ditumis, karbohidratnya bisa nasi, kentang atau ubi merah,” kata dia.

Harga yang ditawarkan untuk paket fitnes ini Rp50 ribu. Menu andalan berikutnya dari Kyan’s adalah dari racikan kopi. Kyan’s hadir dengan kopi racikan barista dengan jenis kopi lokal seperti kopi Kerinci, kopi Aceh Gayo, kopi Temanggung dan masih banyak lagi.

“Kopi juga menjadi satu menu yang kami andalkan di Kyan’s,” kata Ari.

===========
eliza gusmeri