pelantar.id – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Tujuan utamanya adalah, bagaimana membuat masyarakat sadar untuk selalu tertib dalam berlalu lintas.

Hal itulah yang sedang dibangun oleh jajaran Polda Kepulauan Riau (Kepri). Melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas), Polda Kepri merancang sejumlah program baru untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Kepri tentang pentingnya tertib berlalu lintas.

Iklan

“Program itu antara lain, membuat kampung tertib berlalu lintas. Lokasinya di setiap wilayah polres. Ini akan menjadi percontohan wilayah tertib lalu lintas,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kepri, AKBP Roy Ardhya Chandra, Sabtu (1/12/18).

Polda Kepri juga akan menggandeng pemerintah daerah untuk menentukan lokasi kampung percontohan tersebut. Dan program ini akan melibatkan masyarakat di wilayah terpilih.

Rencananya, di kampung tertib berlalu lintas itu, bakal dipasang rambu-rambu lalu lintas yang lebih banyak dibanding lokasi lainnya. Masyarakat setempat juga akan mendapat pembinaan berkesinambungan tentang segala aturan di jalan raya.

“Dengan program ini diharapkan akan terbangun kesadaran masyarakat untuk mematuhi semua aturan lalu lintas. Selain itu, masyarakat di daerah percontohan tersebut juga diharapkan bisa menjadi agen atau penyampai pesan kepada masyarakat lainnya tentang perilaku tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Pogram lainnya adalah, membuat grup media sosial bersama guru-guru di sekolah. Program ini akan dijalankan oleh setiap Satuan Lalu Lintas di wilayah Polda Kepri.

“Melalui grup medsos ini, Satlantas bisa menyampaikan segala hal tentang aturan berlalu lintas langsung kepada guru. Selanjutnya, diharapkan guru-guru itu meneruskannya kepada para murid di sekolah masing-masing,” kata Roy.

Grup itu pun bisa menjadi sarana bagi para guru untuk bertanya atau diskusi langsung dengan petugas Satlantas, dan sebaliknya.

Iklan