Bale-bale Nongsa

Pantai ini berlokasi di sekitar Nongsa atau tepatnya berada disamping Tering Bay Nongsa. Pantai Bale-bale satu lokasi dengan perkampungan Kampung Tua Bakau Serip. Biaya masukpun relatif murah Rp 5 ribu saja.

foto: elizagusmeri

Pantai Bale-Bale tidak luas. Hanya tersedia beberapa meter bibir pantai untuk bermain air laut dan pasir. Karena berada di kawasan rumah penduduk di pesisir pantai, pemandangan perahu-perahu kayu (pompong) nelayan juga menjadi objek pemandangan plus pantai ini.

Fasilitasnya berupa pondok-pondok/gajebo beratap jerami. Tersedia pula ayunan dan fasilitas outbond seperti permainan tali. Keseruan lain yang ditawarkan pantai ini adalah di depan pantai di bangun beberapa rumah pohon.

Tebing Langit Sekupang

foto: elizagusmeri

Tebing Langit berlokasi di daerah Sekupang, Batam. Tidak jauh dari Pelabuhan Ferry Sekupang. Tebing Langit sengaja di bangun dan memang sebelumnya merupakan hutan perbukitan. Lokasinya cukup berpotensi memberikan pemandangan menakjubkan.

Bila Anda sudah berada di atas bukit, sebelah kiri bukit langsung disuguhkan dengan pemandangan lepas menghadap laut. Aktivitas kapal tanker juga terlihat dari sini. Memang tidak hanya laut, pemukiman warga dan bukit-bukit kecil juga melengkapi pandangan.

Pada spot ini di bangun fasilitas berupa kerangka pintu tanpa dinding yang menghadap kepemandangan itu. Seolah-olah pintu itu sebagai dimensi untuk masuk ke langit, makanya di sebut Pintu Langit.

Pintu Langit adalah spot foto dengan penggemar yang cukup banyak. Pengunjung rela mengantri menunggu giliran untuk mendapatkan foto di situ. Mengingat aturannya hanya dapat memuat kapasitas beberapa orang saja.

Kampung Terih Nongsa

foto: elizagusmeri

Suasana di kampung Terih sangat mendukung untuk penggemar ketenangan. Pemandangannya tercukupkan meski hanya hamparan laut beserta gedung-gedung dan pemukiman Batam di seberang. Kampung ini terletak di daerah Nongsa, Batam

Menghabiskan waktu sore dipelantar Kampung Terih adalah pilihan yang tepat karena disambut dengan pemandangan matahari terbenam. Tidak tampak utuh, tapi cahaya sunset-nya selalu mewarnai sore di kampung tua ini. Pilihan lain di Kampung Wisata ini adalah tersedianya banyak lokasi selfie seperti pelantar dan ornamen-ornamen menarik.

Pulau Ranoh Galang

foto: elizagusmeri

Kawasan wisata Pulau Ranoh dulunya hanyalah pulau tak berpenghuni. Tapi pulau ini memang sudah terkenal cantik sebelum dipersolek menjadi destinasi wisata andalan Batam.

Pulau Ranoh kini dikelola oleh perusahaan Mega Puri Lestari. Dibandingkan dengan yang dulu, Pulau Ranoh yang sudah disulap menjadi penginapan dan destinasi wisata ini tentu tampilannya berubah. Lebih rapi, lebih bersih, banyak fasilitas beristirahat dan wahana permainan.

Pulau Ranoh menawarkan paket wisata one day trip dan paket menginap. Untuk paket one day trip pengunjung membayar sekitar Rp 500 ribu per orang. Paket one day trip sudah termasuk biaya kapal feri dari pelabuhan Pulau Labun-Pulau Ranoh dan makan siang.

Selain itu, pengunjung juga free menikmati berbagai fasilitas. Misalnya snorkeling hingga menikmati fasilitas bermain air seperti cano dan water park. Permainan lainnya seperti main catur, panahan, voli pantai dan masih banyak lagi.

Pulau Putri Nongsa

foto: elizagusmeri

Pulau Putri satu lokasi dengan Pantai Nongsa. Jaraknya sekitar 1 km saja dari Pantai Nongsa, dengan waktu menyebarang ke sana sekitar 15 menit. Dari Pantai Nongsa, Pulau Putri terlihat jelas. Pulau ini tidak begitu luas, namun cukuplah sebagai pilihan tempat piknik dan melakukan hal seru lainnya.

Untuk mengembangkan pulau tersebut sebagai kawasan wisata, dinas perhubungan kini membangun jembatan beton di badan pulau tersebut. Memang terkesan tidak natural lagi, tapi keberadaan jembatan itu bertujuan untuk menghindari air pasang.

Dari segi lokasi, Pulau Putri termasuk pulau yang strategis. Berada berdekatan dengan perairan Singapura dan Malaysia. Jaraknya hanya belasan kilometer saja. Pada waktu cuaca cerah, dari sini kita bisa melihat gedung-gedung pencakar langit Singapura atau daerah perbukitan Malaysia.

Pemandangan kapal-kapal tanker pun tidak luput dari mata, dibingkai dengan aktivitas nelayan yang melaut bersama perahunya. Banyak objek yang masih ditangkap di Pulau Putri. Bila datang lebih awal atau memilih nge-camp, Anda akan mendapat momen lebih. Bukan tidak mungkin dapat menyaksikan mata hari terbit di sini.

=============

elizagusmeri