pelantar.id – Lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dibuka pemerintah selalu ditunggu oleh masyarakat. Biasanya, pendaftaran CPNS itu lebih banyak ditujukan bagi para lulusan sarjana atau diploma.

Namun, bagi para lulusan SMA dan sederajat, tak perlu khawatir. Tahun ini, ada 6 instansi yang siap menerima pegawai khusus untuk jenjang pendidikan SMA dan sederajat. Apa saja instansi dan posisinya?

1. Kementerian Perhubungan/ Badan SAR Nasional
Kementerian ini menerima lulusan SMA dan sederajat untuk mengisi sejumlah posisi. Ada 5 lowongan yang tersedia yakni, 5 posisi bakes, 9 posisi Bosun (mandor kapal), 10 untuk Jenang Kapal, 9 posisi Juru Mesin, 24 jabatan Juru Minyak, 5 posisi Juru Motor, dan 24 untuk Juru Mudi.

Kemudian ada 24 lowongan posisi Kelasi, 5 untuk Kerani, 5 untuk Markonis, 34 posisi Masinis Kapal, 34 untuk Mualim Kapal, 34 posisi Nakhoda, 5 untuk Oiler, 33 lowongan untuk Pengawas Keselamatan Pelayaran Pemula (SMK/SLTA), 25 untuk Penjaga Mercusuar, 10 posisi Serang, 166 untuk Petugas Keamanan (Aviation Security), dan 5 posisi untuk Instruktur Pemula.

Mengenai persyaratan lebih lanjut, dapat mengakses http://www.basarnas.go.id/artikel/pengumuman-cpns-badan-nasional-pencarian-dan-pertolongan-2018

2. Kementerian Hukum dan HAM
Kementerian ini memberi kesempatan bagi lulusan SMA sederajat untuk menjadi Penjaga Tahanan atau Sipir dengan jumlah lowongan sebanyak 878 orang. Informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan lainnya, bisa mengakses situs: https://cpns.kemenkumham.go.id/index.php/pengumuman/pengumuman-cpns

3. Badan Narkotika Nasional
Lembaga ini menerima 74 orang lulusan SMA dan sederajat untuk menjadi Pelatih/Pawang Hewan (Anjing Pelacak).

4. Kejaksaan Agung
Instansi ini membuka lowongan untuk 309 lulusan SMA dan sederajat untuk mengisi posisi Pengawal Tahanan/Narapidana. Informasi lebih jelasnya, silakan lihat di situs: https://rekrutmen.kejaksaan.go.id

5. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
Lembaga ini mencari lulusan SMA dan sederajat, khususnya SMK untuk mengisi 4 posisi di bagian Teknisi Penelitian dan Perekayasaan Pemula.

6. Kementerian Sosial
Kementerian ini menyediakan 210 formasi untuk seleksi CPNS tahun ini. Dari formasi tersebut, ada 20 formasi yang diberikan kepada lulusan SMA dan sederajat untuk mengisi posisi Pekerja Sosial Pemula dan posisi Pekerjaan Sosial/ Keperawatan Sosial.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan mengakses portal: https://cpns.kemsos.go.id/index.php/home/index/default

Baca Juga :
BPOM Buka Lowongan CPNS
9 Syarat Dasar Ini Wajib Diketahui Pelamar CPNS 2018
Ingi

Editor : Yuri B Trisna