Pelantar.id – Bandara Soekarno-Hatta berhasil mengalahkan bandara-bandara International di negara maju. Berdasarkan riset penerbangan AOG, Bandara Soekarno-Hatta berhasil menduduki posisi 10 dalam daftar Megahubs International Index 2018. AOG melakukan riset dari 50 bandara di dunia.

Bandara-bandara yang berhasil dikalahkan Indonesia seperti Bandara Incheon, Bandara Munchen, Bandara Haneda, Bandara Sydney, dan Bandara Zurich.

Iklan

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga mampu mengungguli hampir semua bandara internasional di Asia Tenggara, kecuali Bandara Changi.

Bandara di Singapura masih terbaik di Asia. Artinya, Bandara yang berlokasi di kota Tangerang ini adalah terbaik nomor dua di seantero Asia.

Indeks OAG ini dibuat dengan kategori membandingkan angka jadwal koneksi penerbangan internasional dalam jendela waktu enam jam (six-hour window), serta jumlah tujuan yang disediakan bandara. Total 200 bandara terbesar di dunia dikalkulasikan di daftar ini dalam satu tahun sejak Juli 2018.

“Megahubs International Index mengukur keefektivan dari hub internasional terdepan di dunia sebagai titik temu secara global dan regional, dan menyediakan sebuah platform perbandingan untuk bandara-bandara internasional tersebut,” tulis OAG.

Bandara Soekarno-Hatta juga masuk ke daftar Low-Cost International Megahubs dan berada di peringkat kedua. Untuk peringkat satu dipegang Bandara Kuala Lumpur yang didominasi maskapai AirAsia.

Untuk peringkat wahid dimenangkan oleh Bandara London Heathrow yang didominasi maskapai British Airways. Di hari tersibuknya, terdapat sekiranya 66 ribu koneksi yang tiba dan berangkat dalam jendela waktu enam jam di bandara tersebut.

Penghargaan tahun lalu

Tahun lalu, Bandara Soekarno-Hatta juga meraih penghargaan The World’s Most Improved Airport 2017 dalam ajang World Airport Awards yang diselenggarakan oleh Skytrax.

Sebagai pemenang, Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di peringkat pertama melewati pencapaian Bandara Hamad Doha di peringkat kedua, lalu berturut-turut peringkat ketiga hingga sepuluh: Bandara Houston, Delhi, Haikou Meilan, Guangzhou, Phoenix, Tokyo Narita, Paris Charles de Gaulle, dan Los Angeles.

Untuk penghargaan dalam negeri Bandara Soekarno Hatta pernah menjadi bandara terbaik pilihan penumpang pesawat dan meraih penghargaan The Best Airport of The Year pada ajang Bandara Award 2017 untuk Terminal 3.

Kemudian, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai bandara dengan toilet terbersih di Indonesia.

=========
sumber: liputan6.com

foto: liputan6.com

Iklan