Bagi pecinta film super hero Batman, tentu sudah sangat hafal dengan Joker. Meski ia bukan tokoh pahlawan, tapi tanpa kehadirannya film Batman akan terasa hampa.

Karakter Joker selalu memikat hati. Bukan karena aksi heroik yang berhasil menyelamatkan negara atau bahkan dunia dari kejahatan, namun justru karena sering dianggap sebagai villain mendekati sempurna.

Dalam setiap film Batman, Joker digambarkan begitu gila, penuh taktik, cerdik, dan ingin menjadi pelengkap bagi Batman yang selama ini dianggap sebagai pahlawan kota Gotham dengan cara melakukan kejahatan. Dalam komik DC, Joker memiliki penampilan seperti badut. Lengkap dengan suara tawa yang menyeramkan dan psikopat banget. Karakter Joker sudah beberapa kali diadaptasi ke dalam karya film.

Iklan

Memerankan Joker tentu nggak mudah. Semua orang bisa saja berlagak gila, tapi belum tentu membawa aura gila ala Joker. Bukti bahwa Joker merupakan ikon komik yang begitu kompleks dan disukai terletak dari bagaimana industri film tak henti-hentinya menggarap kisahnya ke layar lebar sejak beberapa dekade lalu hingga masa kini.

Berikut perjalanan Joker dari masa ke masa:

1. Cesar Romero – Batman: The Movie (1966)

Joker

Aktor lawas Romero adalah orang pertama yang melakoni Joker. Dia pun disebut sebagai the original Joker. Awalnya, Romero berperan sebagai Joker untuk serial TV ‘Batman’, kemudian serial ini diangkat ke layar lebar di tahun 1966.

Saat itu, Joker ala Romero penuh dengan bercandaan ala era 1960an. Namun, Romero berhasil menciptakan tawa menggelegar khas Joker, cara berbicara yang khas Latin dengan pengucapan huruf R yang sangat kental, serta ukuran matanya yang besar mampu menambah kesan ngeri.

Dandanan Joker versi Romero menggunakan make-up manual dengan bedak putih, lipstik merah, dan rambut hijau. Uniknya, Romero menolak untuk mencukur kumisnya, sehingga tim perias harus membubuhi bedak tebal agar kumisnya nggak mencolok.

2. Jack Nicholson – Batman (1989)

Joker

Siapa yang nggak pernah nonton aksi Nicholson saat menjelma jadi Joker? Aktingnya mendapat banjir pujian, sampai masa sekarang.

Dalam Batman garapan Tim Burton ini, Nicholson tampil balutan riasan wajah bak badut periang dengan mimik yang secara natural sudah tampak sangat licik. Joker versi Nicholson memberi sentuhan gila dari sisi dialog yang sarkastik serta akting yang memang keren.

Banyak yang mengkaitkan keberhasilan Nicholson dalam melakoni Joker karena dirinya mampu membawa aura teror untuk film horor The Shining yang dirilis pada 1980.

3. Mark Hamill – Batman and the Animated Series (1992-1995)

Joker

Ini memang karya animasi, tapi Hamill dinilai apik mengisi suara karakter Joker di serial ini dan berhasil menjadi Joker dengan durasi paling lama. Meski hanya mengisi suara Joker, ternyata Hamill terbilang niat dalam mempersiapkan dirinya. Beberapa kali disebut kalau pemain Luke Skywalker di saga Star Wars ini sengaja menyendiri terlebih dahulu untuk memperdalam karakter.

Mengutip Variety, Hamill bilang inspirasinya dalam membawakan suara, aura, serta tawa yang cocok untuk Joker adalah karakter Hannibal Lecter dari film horor Silence of the Lambs.

4. Heath Ledger – The Dark Knight (2008)

Joker

Diidolakan oleh mayoritas pencinta film, Joker versi Ledger mungkin layak dinobatkan sebagai Joker yang paling sering dipuji dan dirayakan. Ledger berhasil membawa Joker yang begitu misterius, kejam, gila, serta penuh taktik licik nan cerdik.

Penampilannya juga sedikit berbeda, mukanya tetap berwarna putih namun tidak rapi dan merata, lingkar mata serba hitam, bibir merah dengan goresan luka sampai pipi, dan rambut berminyak kehijauan. Ledger pun memberi suara unik agak cempreng yang berbeda dari suara aslinya, tak lupa tawa khas Joker yang bikin merinding.

5. Jared Leto – Suicide Squad (2016)

Joker

Rasanya sulit menandingi kehebatan Ledger untuk memerankan Joker berikutnya. Ini menjadi beban bagi Leto saat itu. Joker versi Leto tampak modern, metroseksual, dan punya aura mafia. Dari sisi penampilan, Leto didukung oleh gigi berwarna perak, mata tajam, rambut licin hijau mengkilap, di tambah senyuman dan tawa gila yang berbeda dari Joker-Joker sebelumnya.

Sayangnya, penampilan dan akting Leto mendapat banyak kritik tak sedap karena dianggap gagal dan berusaha terlalu keras untuk terlihat menyeramkan.

6. Zach Galifianakis – The Lego Batman Movie (2017)

Joker

Film animasi menghibur ini turut menampilkan Joker sebagai musuh karakter Batman. Tentu Joker tetap menjadi penjahat, namun Galifianakis dianggap berhasil mengobati rasa pilu penggemar DC pasca Suicide Squad dengan menampilkan Joker dengan baik melalui suara dan tawa yang pas.

7. Joaquin Phoenix – Joker (2019)

Joker

Ini dia, Joker baru yang dinantikan para pencinta film. Phoenix akan melakoni Joker sebagai karakter utama di film origin ini. Kabarnya, Joker akan mengusung nuansa gelap dan mengedepankan thriller kriminal ketimbang serba komik.

Di berbagai unggahan sang sutradara Todd Phillips, karakter Joker akan diberi nama Arthur Fleck, di mana Phoenix tampil seperti orang biasa dengan pakaian warna netral, rambut agak gondrong melebihi telinga, kurus, agak lusuh, namun tetap membawa aura misterius.

Sumber : Uzone.id

Iklan