pelantar.id – Anda mungkin sering kali dihubungi oleh nomor-nomor panggilan yang mengganggu atau kiriman SMS promosi yang memenuhi inbox ponsel.

Anda dapat melakukan pemblokiran terhadap nomor-nomor kontak yang mengganggu dan menghapusnya secara permanen.

Berikut ini ada dua panduan, diantaranya panduan untuk pemblokiran nomor kontak di Iphone dan pengguna Android yang kami rangkum dari Techradar.com.

Memblokir nomor kontak dari Iphone
Ada dua cara utama untuk memblokir nomor di iOS, dan keduanya relatif mudah.

Pertama, Temukan halaman atau daftar kontak Anda di ponsel. Perhatikan bagian bawah kontak, terdapat dua opsi untuk ‘Blokir Penelepon ini’ atau ‘Block this Caller’, jadi tekan itu dan kemudian konfirmasikan melalui prompt yang muncul.

Metode lainnya adalah masuk ke menu pengaturan Anda, lalu pilih ‘Telepon’ atau phone dan dari sini, masuk ke sub-menu yang disebut ‘Pemblokiran Panggilan & Identifikasi’ atau ‘Call Blocking & Identification’.

Dari sini Anda akan menemukan daftar semua nomor yang diblokir. Gulir ke bawah untuk opsi untuk memblokir kontak, lalu cukup pilih kontak yang tidak diinginkan.

Memblokir nomor kontak di Android

Cara memblokir nomor kontak di Android persis sama dengan iPhone. Anda cukup membuka daftar kontak di ponsel, lalu beralih ke nomor yang ingin diblokir.

Selanjutnya, setelah memilih nomor tersebut, pada bagian kanan atas klik tanda titik tiga dan akan keluar pilihan ‘blok nomor’.

Jika ada nomor baru yang tidak Anda inginkan, cara memblokirnya dengan menyimpan nomor tersebut ke kontak kemudian baru diblokir dengan cara yang sama.