pelantar.id – Bukalapak, salah satu online marketpalce terkemuka di Indonesia mendorong para pelaku usaha kecil menengah di Kepulauan Riau mengalihkan usahanya dari konvesnional ke layanan digital. Bukalapak akan membina pelaku UKM dengan memaksimalkan kemajuan teknologi untuk memasarkan produk-produknya.

“Kami sadar, para pelaku UKM di Indonesia, termasuk Kepri, harus mulai meningkatkan kapasitas untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat. Kami selalu memberi pembinaan kepada semua pelapak yang tergabung dalam Komunitas Bukalapak, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital,” kata Co-Founder & President Bukalapak, Fajrin Rasyid usai bertemu Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di Graha Kepri, Batam, kemarin.

Fajrin mengatakan, khusus Provinsi Kepri, belum banyak pelaku UKM yang memanfaatkan teknologi (Bukalapak) untuk memasarkan produk-produk mereka. Bukalapak, dengan komunitas pelapaknya yang tersebar di lebih dari 100 kota dan kabupaten di Indonesia, saat ini tengah melaksanakan kegiatan rangkaian Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur se-Indonesia bersama Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Managemen Bukalapak bertemu dengan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di Gedung Graha Kepri, Batam.
Foto: ANTARA/Ogen

Menurut Fajrin, ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur di Indonesia tersebut sejalan dengan cita-cita Bukalapak untuk meng-upgrade UKM di Tanah Air. Bukalapak bersama APPSI akan mengeksplorasi keunggulan di setiap provinsi. Hingga kini, sudah lebih dari 4 juta UKM yang bergabung di Bukalapak. Untuk pengguna, tercatat sekitar 50 juta di seluruh Indonesia.

“Bukalapak ini besar oleh komunitas pelapak yang tersebar di seluruh Indonesia. Kami melihat pemerintah secara konsisten melakukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung optimalisasi teknologi digital dan penerapan roadmap ekonomi digital di Indonesia. Ini harus dimanfaatkan,” kata dia.

Public Policy & Government Relation Manager Bukalapak, Luciana Dita menambahkan, pihaknya berkomitmen membangun sistem dan teknologi yang dapat membantu jutaan UKM di seluruh Indonesia. Hal itu diharapkan dapat memberikan berbagai benefit bagi pelaku UKM.

“Kami berharap, dengan semakin kuatnya dukungan dari pemerintah untuk pengembangan UKM ini, kita bisa bersama-sama mewujudkan percepatan pemerataan perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Pada pertemuan itu, Gubernur Nurdin Basirun mengatakan, pembinaan UKM di Kepri oleh pemerintah daerah, belum berpengaruh besar terhadap peningkatan perekonomian baik pelaku UKM maupun masyarakat luas. Karena itu, ia sangat mendukung Bukalapak melakukan pembinaan terhadap UKM di Kepri.

“Ini sangat bagus, pasti saya dukung. Saya berharap ada program khusus dari Bukalapak untuk UKM di Kepri. Seperti pembinaan penggunaan teknologi dan sebagainya, agar UKM di Kepri mampu bersaing dengan UKM daerah lain,” kata Nurdin.

Editor : Yuri B Trisna