pelantar.id – Posisi Apple sebagai perusahaan termahal di dunia disalip oleh Microsoft. Perusahaan yang didirikan Bill Gates itu sukses mengembalikan kejayaannya dengan meraih predikat yang belasan tahun lalu pernah mereka sandang.

Mengutip Reuters, market value Microsoft pada Rabu (28/11/18) waktu Amerika Serikat, berada di depan Apple dengan selisih sekitar USD 3 miliar.

Iklan

Naiknya harga saham Microsoft sebesar 3 persen membuat kapitalisasi pasarnya senilai USD 848 miliar. Sedangkan Apple, meski sahamnya juga naik 2,17 persen, kapitalisasi pasarnya USD 845 miliar.

Padahal 4 bulan lalu, nilai Apple tembus USD 1 triliun, menjadi perusahaan pertama dengan market value setinggi itu. Namun melambatnya penjualan smartphone dan faktor lainnya membuat harga saham Apple kian tergerus.

Pabrik Apple di Amerika Serikat (Foto : Apple)

Microsoft pernah menjadi perusahaan termahal dunia pada tahun 1999 dan 2002. Tapi sejak 2010, Apple menyalipnya seiring popularitas iPhone dan melambatnya permintaan komputer PC yang mempengaruhi Microsoft.

Sekarang situasinya berbeda. Sejak Satya Nadella menjadi CEO Microsoft pada tahun 2014, perusahaan itu mengalihkan fokus bisnis ke cloud computing dan sukses menjadi pemain terbesar kedua di dunia, di belakang Amazon.

“Jika Anda melihat kembali 4 tahun ke belakang, sulit diingkari betapa baiknya performa Microsoft sejak Nadella datang dan mengubah fokus mereka. Mereka mampu memperbarui diri dan sukses,” tutur Paul Hickey dari perusahaan marketing Bespoke.

Nadella juga memangkas bisnis yang dinilai merugikan. Misalnya divisi ponselnya yang dulu pernah mengakuisisi Nokia, telah dijual karena tidak juga mengalami perkembangan.

 

 

 

 

Sumber : Detik.com

Iklan