Pelantar.id – Tokoh kartun SpongeBob tentu tak asing bagi penonton Indonesia. Pernah diputar pertama kali di Lativi (sekarang TVone) dan kemudian dibeli dan tayang di Global TV (GTV). Kartun ini diterbitkan oleh perusahaan United Plankton Pictures Inc.

SpongeBob Squarepant adalah salah satu film kartun yang cukup terkenal di Nickelodeon. Karakternya yang lugu namun lucu sering memecah gelak tawa.

Iklan

Tokoh kartun yang terinsirasi dari bentuk spon berwarna kuning ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut, Stephen Hellenburg. Namun, SpongeBob harus berpisah dengan creatornya yang sudah menciptanya selama 19 tahun. Melalui akun twitter Nickelodeon Rabu lalu, mengabarkan berita duka bahwa Stephen telah pergi untuk selamanya.

Stephen meninggal pada Selasa (27/11/2018). Ia menghembuskan nafas pada usia 57 tahun dan dikabarkan karena penyakit syaraf atau dikenal dengan Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Penyakit tersebut sudah dideritanya sejak tahun 2017.

Dalam kehidupannya selain sebagai animator Stephen juga berperan sebagai penulis, produsen, aktor dan pengisi suara aktor. Sebelum bergabung di Nickelodeon, Stephen pernah bekerja dan belajar di animasi untuk TV, Rocko’s Modern Life.

Kepergian Stephen meninggalkan seorang istri yang sudah dinikahinya selama 20 tahun dan seorang anak. Ucapan belasungkawa dari penggemar kartun inipun membanjiri media sosial.

Mengenal Karya Stephen

Stephen Hillenburg dilahirkan di Oklahoma pada 21 Agustus 1961. Ayahnya adalah draftsman dan desainer untuk perusahaan dirgantara aerospace dan Ibunya mengajari murid yang memiliki gangguan pengelihatan.

Dia mendapat kemampuan seni dari sisi maternal. Kegemaran Hillenburg pada kehidupan laut sudah tumbuh sejak kecil, ketika dia menonton beberapa film yang dibuat oleh ahli laut Prancis.

Stephen sudah 19 tahun menciptakan karya SpongeBob. SpongeBob SquarePants pertama ditayangkan pada 1 Mei 1999, dan telah menayangkan 356 episode.

Namun, saat ini penulis cerita SpongeBob sudah digantikan oleh Andrew Goodnew. Sebelumnya Stephen pernah menyutradarai film The SpongeBob SquarePants Movie yang dirilis pada 2004.

Dalam cerita pertamanya, gambaran cerita SpongeBob menggambarkan kehidupan yang bahagia. Meskipun SpongeBob punya tetangga yang tidak menyukainya, Squidward. Squidward adalah seekor gurita yang tinggal dalam rumah moai.

Untungnya Spongebob hidup ditemani binatang peliharaanya, seekor siput bernama Gary dan teman setianya yang juga berkarakter sama dengan SpongeBob, Patrick. Patrick Star seekor bintang laut merah muda, tinggal di bawah sebuah batu. Rumah Squidward terletak di antara rumah Spongebob dan rumah Patrick, dan inilah yang meresahkan Squidward.

SpongeBob bekerja pada restoran seafood Krusty Crabs. Meskipun bekerja magang dan tidak dibayar majikan Tuan Krabs, SpongeBob bekerja dengan baik direstoran itu.

==========
eliza gusmeri
dari berbagai sumber

Iklan