pelantar.id – Hampir setiap tahun, ada saja ilmuan yang menemukan fosil dinosaurus baru. Di setiap penemuan, mereka akan memberi nama baru untuk fosilnya itu.

Misalnya saja, temuan dinosaurus terbaru yang diberi nama Lingwulong shenqi dan Caihong juji. Agak asing di telinga, sebab nama mereka menggunakan bahasa Mandarin. Tidak seperti pendahulunya Tyrannosaurus rex atau Stegosaurus.

Iklan

Lalu sebenarnya bagaimana para ilmuwan menamai dinosaurus?

Mark Norell, paleontolog yang mempelajari fosil di Museum Sejarah Alam Amerika mengungkapkan,  dinosaurus diberi nama berdasarkan orang yang menemukannya.

“Orang pertama yang mendeskripsikan dinosaurus baru, hewan, tumbuhan, atau spesies jamur bisa menamai seperti yang mereka inginkan,” kata Norell seperti dikutip Popular Science, Jumat (16/11/2018).

Tapi bukan hanya itu saja, nama dinosaurus juga harus sesuai dengan Kode Internasional Nomenklatur Zoologi yakni seperangkat aturan umum yang mengatur nama ilmiah untuk semua organisme, meski tak ada aturan mengenai seperti apa nama mereka.

Dinosaurus juga sering diberi nama mengikuti penampilan atau karakteristiknya, tetapi kadang bisa berdasarkan tempat atau binatang legenda.

Awal-awal penemuan dinosaurus, ilmuwan Amerika dan Eropa menggunakan akar Yunani dan Latin untuk menggambarkan mereka dengan jelas. Barulah tahun 1841, Sir Richard Owen, seorang ahli biologi dan paleontolog Inggris menggunakan istilah dinosaurus untuk menggambarkan reptil yang telah punah.

Nama tersebut berasal dari kata Yunani ‘deinos’ yang berarti mengerikan dan ‘sauors’ yang berarti kadal.

Ilustrasi kehidupan dinosaurus

Namun sekarang nama-nama dinosaurus jauh lebih beragam sejak penggalian terjadi di seluruh dunia. Bahkan beberapa juga menggunakan bahasa lokal untuk mewakili tempat mereka ditemukan.

Misalnya saja pada 2004, Norell menggali dinosaurus kecil di Cina utara. Ia kemudian memberi nama fosil yang ditemukan dalam pose tidur ini dengan Mei Long, artinya naga yang tidur nyenyak.

Saat ini spesies baru dinosaurus hampir ditemukan setiap saat. Sekitar 1.200 dinosaurus penah telah ditemukan dan dinamai sepanjang sejarah, dan sekitar 50 dinosaurus baru diberi nama setiap tahun.

Sumber : Kompas.com

Iklan