Pelantar.id – Hari ini Marvel berduka. Marvel Chairman Emeritus, Stanley Martin Lieber a.k.a Stan Lee meninggal dunia, Senin (12/11/2018) waktu setempat. Stand Lee meninggal pada usia 95 tahun dan menghembuskan nafas pada waktu pagi di Cedar-Sinai Medical Center, Los Angeles.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kematiannya, namun pria yang lahir di New York City pada 28 Desember 1922 tersebut disebut berjuang melawan pneumonia dan mengalami masa yang berat sejak kematian istrinya tahun lalu.

Iklan

Ungkapan belasungkawa ikut disampaikan oleh Walt Disney Company yang dilansir dari laman Marvel.com, Rabu (13/11/2018).

“Stan Lee adalah sosok yang se istimewa karakter karakter ciptaannya. Seorang super hero sebenarnya bagi para penggemar Marvel diseluruh dunia, Stan memiliki kekuatan untuk meng inspirasi, menghibur, dan menghubungkan. Imajinasinya yang tinggi hanya bisa dikalahkan oleh ukuran kebesaran hatinya,” kata Bob Iger, Chairman and CEO, The Walt Disney Company.

Stan Lee merupakan penulis komik Marvel, yang menciptakan karakter ikonik seperti, Iron Man, Fantastic Four, Spider-Man, Daredevil, X-Men, Black Panther, Spider-Man, X-Men, Thor, Iron Man, Fantastic Four, Incredible Hulk, Daredevil, Ant-Man dan masih banyak lagi.

Lee sudah mendedikasikan hidupnya dalam bisnis perkomikan selama lebih dari 7 dekade. Stand Lee mulanya menyukai dunia menulis dan ia ingin membuat cerita dari buku-buku yang dibacanya.

Para pengarang yang disukai Lee antara lain Stephen King, H. G. Wells, Mark Twain, Arthur Conan Doyle, William Shakespeare, Charles Dickens, dan Harlan Ellison. Dia juga menyukai film-film Bruce Lee. Saat kecil ia dipengaruhi oleh buku dan film, terutama film-film Errol Flynn yang berperan heroik.

Sang pencipta Marvel memulai karirnya sebagai penulis skrip untuk komik superhero dan misteri di perusahaan penerbitan milik kerabatnya Martin Goodman. Pada usia 19 tahun, Lee menjabat sebagai kepala editor.

Ia mulai menggeluti komik pada 1939. Lee mulai membuat superhero yang berbeda bersama Jack Kirby. Terciptalah Fantastic Four, menyusul kemudian Lee membuat Iron Man, Thor, Hulk, Spider-Man, Doctor Strange, dan Silver Surfer yang juga laris di pasaran.

Stan Lee melangkah dari posisinya sebagai Pemimpin Redaksi pada tahun 1972 untuk menangani peran Penerbit di Marvel Comics. Salah satu kontribusi paling awal Lee untuk animasi berdasarkan properti Marvel adalah mengisahkan seri animasi Incredible Hulk tahun 1980an.

Komiknya diadaptasi ke layar lebar pada tahun 1990 melalui judul Captai America. Tahun 2000 dibuatkan film versi X-men dengan Stan Lee sebagai cameo didalamnya yang berperan sebagai Salesman hot-dog.

Kehidupan pribadi

Lee berasal dari keluarga imigran asal Romania, ia tumbuh dalam kemiskinan sebelum sukses membuat komik. Ayahnya bekerja sebagai pemotong pakaian.

Lee dan keluarganya berpindah-pindah. Setelah melewati depresi hebat mereka pindah ke Fort Washington Avenue di Washington Heights, Manhattan. Saat Stan Lee masih remaja, dia dan keluarganya pindah ke sebuah apartemen di Bronx.

Di apartemen itu, Stan Lee dan adiknya harus berbagi tempat tidur. Sementara itu, kedua orang tuanya tidur di sofa lipat. Lee pernah bersekolah di DeWitt Clinton High School. Saat bersekolah Lee sudah bekerja, Lee bekerja paruh waktu sebagai penulis berita duka di surat kabar.

Lee menikah dengan Joan Clayton Boocock pada tanggal 5 Desember 1947. Mereka memiliki seorang putri bernama Joan Celia “J.C.” Lee lahir pada tahun 1950. Saudaranya, Jan Lee, meninggal tiga hari setelah melahirkan pada tahun 1953. Kabar kematian Lee di konfirmasi oleh putrinya, JC Lee.

Stan Lee dilantik ke dalam industri buku komik Will Eisnet Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Hall of Fame pada tahun 1995. Lee tercatat menerima National Medal of Arts pada tahun 2008.

Dibeli Disney

Kematian Stan Lee ikut berpengaruh pada nilai saham Disney. Pada perdagangan di hari saat Stan Lee wafat, saham DIS turun 1,1%. Melansir Reuters, Selasa (13/11/2018), saham DIS menutup perdagangan di level US$ 116,7, turun dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya US$ 118.

=======
eliza gusmeri
dari berbagai sumber
foto: marvel.com

Iklan