pelantar.id – Facebook kembali meniru salah satu fitur andalan milik Snapchat yakni peta. Sebelumnya, Facebook sudah membuat fitur stories untuk platformnya dan Instagram.

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu sekarang menyiapkan sebuah peta yang mirip dengan Snap Map. Peta tersebut pada dasarnya berfungsi untuk menunjukkan di mana saja posisi atau lokasi dari rekan-rekan si pengguna.

Saat fitur ini dinyalakan, secara otomatis akan muncul gambar peta lengkap beserta foto profil teman-teman pengguna dan detail lokasi mereka berada. Fitur ini memang masih dalam tahap uji coba, dan belum bisa dinikmati oleh seluruh pengguna. Baru segelintir pengguna saja yang mendapat keistimewaan untuk ikut mencoba fitur ini.

Juru bicara Facebook pun telah membenarkan bahwa peta tersebut memang tengah dipersiapkan oleh pengembang. Namun, Facebook tak menyebutkan kapan fitur ini akan dirilis secara massal untuk semua pengguna

Sebenarnya, Facebook sudah memiliki fitur sejenis yaitu Nearby Friends. Bedanya, Nearby Friends hanya menampilkan siapa saja teman yang ada di lokasi terdekat, bukan memberi tahu posisi teman secara live di dalam peta. Fitur ini pun sempat dihentikan karena dianggap mengganggu privasi.

Baca Juga : Nametag, Fitur Baru Instagram untuk Tambah Teman

Dalam seminggu terakhir, Facebook sedang getol menambah beberapa fitur, baik untuk pengguna Facebook maupun anak perusahaannya, Instagram.

Dua di antara fitur tersebut diadopsi dari media sosial Snapchat. Fitur itu adalah, penggunaan nametag untuk saling memfollow di Instagram dan serta fitur untuk melindungi diri dari perilaku buruk di Facebook.

Pengapdosian fitur-fitur Snapchat tersebut bukan kali pertama pertamakalinya dilakukan Facebook. Mengutip Engadget, Sabtu (6/10), Facebook sebelumnya sudah membenamkan kemampuan Stories yang jadi andalan Snapchat pada Instagram, WhatsApp, Messenger dan, tentu saja Facebook.

 

Editor : Yuri B Trisna