Pelantar.id – Tidak ada lagi kecocokan menjadi salah satu alasan banyak pasangan untuk menyudahi suatu hubungan. Namun sebaliknya banyak alasan pula seseorang dapat bertahan meskipun hubungan mereka tidak bahagia lagi.

Dilansir dari Mindbodygreen, sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menyebutkan bahwa orang-orang tak akan memilih berpisah jika mereka pikir pasangannya membutuhkan hubungan itu tetap berlanjut.

Profesor psikologi Samantha Joel, Ph.D., dan timnya dari University of Utah mencari tahu bagaimana orang-orang memutuskan apakah mereka harus berpisah dengan pasangan atau tidak dengan mengikutsertakan 1.348 partisipan yang mengalami masalah rumah tangga dalam penelitiannya.

Peneliti menemukan bahwa jika salah satu pihak merasa pasangannya membutuhkan hubungan tersebut, mereka tak akan begitu saja memutuskan pergi atau mengakhiri hubungan, meski mereka sendiri merasa hubungan itu sudah tak berguna lagi.

Dr. Joel mengatakan bahwa secara umum, kita tak ingin menyakiti pasangan kita dan kita peduli apa yang mereka mau. Itulah mengapa, kebanyakan dari kita ragu jika ingin memutuskan untuk berpisah.

Selain alasan di atas berikut ini ada beberapa alasan lainnya yang membuat seseorang bertahan pada hubungnnya.

Masih ada hubungan emosional

Terutama pada wanita. Wanita mudah terhanyut oleh perasaannya sendiri. Seringkali, mereka mudah terbawa oleh perasaan dan suasana hati sendiri. Tidak heran jika mereka telah memasuki sebuah hubungan yang sangat dalam, mereka susah untuk meninggalkan hubungan itu.

Masih membutuhkan cinta

Hampir setiap wanita membutuhkan cinta dari pasangannya. Mereka rela mengorbankan apa saja demi mendapatkan cinta dari pasangannya. Tidak heran pada akhirnya banyak pasangan yang memanfaatkan kelemahan wanita demi kepuasan mereka sendiri.

Bergantung secara finansial

Tidak sedikit wanita tetap bertahan dengan pasangan yang telah menyakitinya karena finansial. Mereka takut tidak ada lagi yang memberikan nafkah atau uang jika berpisah dari pasangan. Mereka merasa tidak mampu untuk menghidupi diri sendiri. Mereka sangat bergantung pada pasangan.

Kehadiran Anak

Bagi wanita yang sudah menikah, meninggalkan seorang anak tentu bukan hal yang mudah. Seorang ibu tentu tidak akan rela berpisah dengan buah hatinya meski hubungan dengan pasangannya sudah retak. Mereka lebih memilih tetap tinggal bersama pasangan demi anak meski sering disakiti.

=======
sumber: liputan6/fimela.com

foto: idntime