Pelantar.id- Sharp memperkenalkan smartphone terbarunya Aquos R2. Ponsel ini mengusung desain tampilan notch yang berbeda. Notch merupakan poni smartphone bukanlah tampilan baru karena sudah banyak digunakan smartphone lainnya.

Setelah iPhone X, banyak vendor lain yang mengikuti seperti Oppo, Vivo, LG, Xiaomi, sampai Asus. Kemudian Aquos R2 tampil berbeda dari notch vendor lain karena menghadirkan dua notch.

Dikatakan di The Verge (18/11/2018) di smartphone barunya Sharp memberikan notch yang berbeda dari notch yang digunakan kebanyakan. Satu notch berada di sisi atas smartphone, sedangkan satu notch lagi diletakkan di bagian bawah.

Notch di bagian bawah diletakkan pemindai sidik jari. Generasi kedua dari lineup Aquos R tersebut dibalut dengan bezel-less dan berbahan material aluminium Alloy.

Dari sisi kamera, disiapkan khusus untuk merekam video dan dukungan dual-camera belakang yang memiliki kombinasi 16,3 MP super wide-angle 135 derajat + 22,6 MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 16,3 MP untuk kebutuhan selfie.

Layar AQUOS R2 berukuran cukup lapang yakni 6,0 inci dengan menggunakan panel IGZO IPS, memiliki aspek rasio 19: 9 dan resolusi layar WQHD+ (1,440 x 3,040 piksel) dan refresh rate 100 Hz. Di sisi ketahanan, Aquos R2 dilengkapi dengan sertifikasi IPX5 / IPX8 / IP6X.

Penyedia dua notch di smartphone tersebut disempurnakan dengan spesifikasi sangat baik. Mulai dari Ram yang mendukung Aquos R2 hadir dengan Snapdragon 845 dan RAM 4GB.

Smartphone ini sudah menjalankan Android 9 Pie dengan baterai berkapasitas 2.500mAh. Memiliki layar IGZO LCD berukuran 5,2 inci, Aquos R2 Compact memiliki kamera utama 22,6MP.

Pemasaran Aquos

Smartphone dengan flagship mewah ini siap menyasar di kelas menengah atas. Namun, rencananya, Aquos R2 Compact akan tersedia di pasaran Jepang pada pertengahan Januari 2019. Belum diketahui apakah perangkat ini akan tersedia di pasar luar Jepang.

Gaya dua notch di smartphone ini masih sesuai dengan aturan terbaru dari Google karena baru pertama kalinya Sharp menyediakan dua notch. Selama ini vendor hanya diizinkan memiliki dua notch di perangkat dan harus diletakkan di ujung-ujung perangkat.

Dalam aturan posisi, Notch tersebut juga harus berada di masing-masing sudut, tidak menjadi satu. Posisinya harus terletak di bagian bawah dan atas, sehingga tidak diperbolehkan berada di sisi kiri atau kanan.

Sebenarnya belum ada manufaktur yang merilis notch lebih dari satu. Ada kemungkinan aturan ini disiapkan sebelum ada manufaktur merilis perangkat dengan banyak notch, seperti yang dilakukan Sharp.

Adapun aturan ini disebut hadir untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Sebab, notch dapat menghalangi tampilan penuh aplikasi.

================
sumber: liputan6.com