Pelantar.id – Banyak platform maupun aplikasi yang menyediakan dukungan pembuatan video dengan hal menarik pada pengguna smartphone. Salah satunya terdapat pada aplikasi Tik Tok yang berasal dari negeri Tirai Bambu.

Tik Tok adalah aplikasi membuat video pendek yang memberikan special effects unik dan menarik. Aplikasi sosial video pendek ini memiliki dukungan musik yang banyak sehingga penggunanya dapat melakukan performanya dengan tarian, gaya bebas, dan masih banyak lagi sehingga mendorong kreativitas penggunanya menjadi content creatore.

Melihat kebutuhan pengguna akan video cukup tinggi, akhirnya Facebook ikut meluncurkan aplikasi pesaing Tit Tok. Facebook menyebutnya dengan Lasso. Peluncuran aplikasi ini tak begitu diumbar ke publik. Informasi peluncuran Lasso hanya diketahui dari cuitan Manager Product Facebook, Andy Huang, kemudian diikuti cuitan Manager Product Lasso Bowen Pan.

Dengan Lasso, pengguna bisa merekam dan bernyanyi lip sync atau berjoget.

“Lasso adalah aplikasi baru yang berdiri sendiri untuk video berdurasi pendek, menghibur – dari komedi hingga kecantikan hingga kebugaran dan banyak lagi,” kata pihak Facebook dikutip The Verge, Sabtu (10/11/2018)

Berikut kelebihan yang ditawarkan fitur pembuat video ini.

Lasso menawarkan aplikasi di mana pengguna bisa merekam diri mereka sembari menari dan menyinkronkannya ke musik yang diputar. Konsep ini sama dengan layanan yang ditawarkan oleh Tik Tok. Lasso juga memungkinkan pengguna merekam klip pendek seperti Vine.

Aplikasi ini akan mengakses laman profil, foto dan video melalui akun Facebook. Dilansir The Verge (10/11), Lasso telah tersedia untuk iOS dan Android. Kepada The Verge, Facebook mengatakan “Lasso adalah aplikasi baru yang berdiri sendiri untuk (mengakomodir) video singkat, menghibur dan menampung konten mulai dari komedi, kecantikan, kebugaran dan lainnya. Kami senang dengan potensi disini dan kami akan mengumpulkan tanggapan dari pengguna serta kreator konten.”

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus membuat akun terlebih dulu. Pengguna bisa menggunakan akun Instagram atau Facebook. Lasso menyediakan tampilan feed Lasso disertai berbagai konten video yang telah dibuat oleh pengguna lain.

Ditambah fitur tagar yang ditampilkan dengan jelas di bawah video. Pengguna dapat memfilter konten dengan fitur tagging tersebut. Video Lasso sudah bisa dibagikan di stories di Facebook dan diikuti di Instagram.

Lasso memiliki kemampuan tampilan full-screen, halaman Discover, di mana pengguna bisa mencari video bikinan pengguna lain, serta satu halaman linimasa yang berjudul ‘Today’s top Creators’.

Kekurangan Lasso

Anda tak bisa menjadikan profil Anda sebagai profil pribadi seperti di Instagram. Lasso juga sudah memiliki banyak konten yang mirip dengan konten di Facebook Watch.

========
sumber: tek.id