pelantar.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Kepulauan Riau, Didi Kusumarjadi menegaskan , informasi tentang anggur berformalin beredar di Batam adalah hoax atau tidak benar. Ia memastikan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap anggur yang diperdagangkan.

Dari dua sampel anggur yang didapat dari pedagang di kawasan Kecamatan Batuaji dan Batam Centre, tidak ditemukan adanya zat formalin.

“Ketika ada kabar soal itu (anggur berformalin), kami langsung turun ambil sampel. Kami langsung lakukan pemeriksaan. Hasilnya negatif formalin. Cuma ada kandungan nitrat 0,1. Cukup dicuci saja sudah hilang dan bisa dikonsumsi,” kata Didi, Sabtu (17/11/18).

Baca Juga : 

Memanfaatkan Anggur untuk Perawatan Wajah

Didi sangat menyayangkan adanya kabar anggur berformalin yang meresahkan masyarakat. Terlebih kabar tersebut tentu berpengaruh terhadap pendapatan pedagang.

Respons cepat yang dilakukan Dinkes, secara tidak langsung mengupayakan agar imbas kabar yang beredar tidak sampai mengganggu masyarakat. Masyarakat diimbau agar tidak takut mengonsumsi buah anggur yang dijual.

Karena memang terbukti melalui uji laboratorium tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh.

“Kami pastikan aman. Masyarakat tidak perlu takut. Semoga tidak ada lagi kabar yang meresahkan,” katanya.

Sumber : Batampos.co.id