pelantar.id – Putri Pariwisata Indonesia, Wilda Octaviana Situngkir mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Gadis 22 tahun itu berhasil meraih juara 4 kontes kecantikan dunia Miss Supranational 2018 di Polandia, Jumat (7/12/18).

Gelar Miss Supranational 2018 sendiri diberikan kepada perwakilan Puerto Rico, Valeria Vazquez, diikuti oleh Katrina Dimaranan dari Amerika Serikat di posisi kedua.

Iklan

Peringkat ketiga dinobatkan kepada nona tuan rumah, Magdalena Biénkowska, sedangkan posisi terakhir di 5 besar ditempat oleh perwakilan Mexico, Diana Romero.

Wilda sukses menebarkan pesona Indonesia di tengah 74 kontestan dari seluruh dunia. Pencapaian ini mengulang prestasi terbaik Tanah Air di ajang kontes kecantikan asal Panama itu pada 2013.

Kala itu, Puteri Pariwisata Indonesia 2012, Cok Istri Krisnanda Widani dari Bali berhasil memperoleh peringkat keempat. Itu adalah sempatan paling pertama bagi Indonesia untuk berpartisipasi dalam ajang yang diselenggarakan sejak 2008 itu.

Namun, Wilda tak hanya pulang membawa mahkota juara 4. Ia juga menyandar gelar Miss Supramodel Asia pada kompetisi modelling dan berhasil menjadi 9 kontestan teratas dalam kompetisi National Costume.

Dalam penentuan posisi final pada ajang tersebut, Wilda harus melalui tahap tanya jawab spontan di atas panggung. Wanita asal Pontianak, Kalimantan Barat itu diberikan pertanyaan oleh Miss Suprantional 2013 Mutya Johanna Datul selaku juri.

Wilda ditanya terkait saran paling penting yang akan diberikannya kepada calon peserta wanita kontes kecantikan yang sedang bergumul.

“Sebagai ratu kecantikan dalam semua kontes kecantikan, termasuk dalam kontestan kecantikan wanita, yang paling penting bukan untuk menunjukan badan dan wajah kita, namun menginspirasi dan memotivasi orang lain,” jawab Wilda.

“Dan jangan lupa sebagai ratu kecantikan, kita harus menunjukan bagaimana cara hidup dengan ketulusan hati,” tambahnya ditutup dengan ucapan terima kasih.

Wilda Octaviana Situngkir

Meski dulu kerap dirundung karena tidak fasih berbahasa Inggris, para warganet sangat bangga terhadap performa Wilda dalam menjawab pertanyaan tersebut.

“Usaha yang luar biasa. Jawaban yang sangat masuk akal. Goes terus sepedanya. Wilda sampai puncak. Wilda will do it,” ujar @jim.alexandres menirukan tagline dari perjuangan Wilda selama persiapan menuju Miss Supranational.

“Jawabannya bagus cuma kendala di bahasa aja kok tapi inti dari jawabannya luar biasa. Iya, kamu bisa, ratu!” seru @grimjowlock

“Asli gue nangis liat @situngkirwilda. Ternyata benar kata pepatah: yang terlemah di antara kamu bisa ajdi yang terbaik dengan kerja keras. Tuhan memberkatimju. Terima kasih telah bekerja keras untuk Indonesia, ” puji @miracleriyantono

Di samping prestasi Wilda, perwakilan Puteri Indonesia Lingkungan, Vania Fitriyanti Herlambang berhasil menembus 15 besar di ajang Miss International 2018, Tokyo (9/11).

Kini tinggal Puteri Indonesia Sonia Fergina Citra yang tengah berjuang di ajang Miss Universe 2018 yang malam finalnya akan digelar pada 17 Desember di Thailand.

 

 

Sumber : CNN Indonesia.com

Iklan