Pelantar.id-Saat ini aplikasi whatsapp menyediakan fasilitas sticker untuk penggunanya. Fasilitas tersebut terbagi kedalam dua versi.

Untuk pengguna WhatsApp Beta Tester dapat menggunakan versi 2.18.229. Bagi pengguna umum versi yang tersedia di google play adalah 2.18.237.

Fitur ini sangat baru akibatnya belum begitu banyak pilihan sticker yang tersedia. Namun jangan khawatir kita bisa membuat sendiri stiker pribadi yang dapat kita bagikan kepada teman-teman di WhatsApp. Bagaimana caranya? ikuti langkah langkah di bawah ini.

1. Background Eraser
Aplikasi ini berguna untuk menghapus background foto pada gambar yang ingin kamu jadikan stiker.

2. Personal Sticker for WhatsApp
Aplikasi ini digunakan untuk meng upload stiker yang sudah dibuat kedalam aplikasi chat WhatsApp.

Untuk sementara aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna yang tergabung dalam WhatsApp Beta Tester.

3. PicSticker – Photo Editor (opsional)

Nah, Aplikasi yang satu ini sifatnya opsional, buat kamu yang mau menggunakan Speech Bubble di stickernya bisa melalui aplikasi ini, yang memiliki bermacam ragam speech bubble didalamnya.

Step 1

Pilih foto yang ingin dijadikan sticker. Tips pertama dalam memilih foto untuk sticker adalah carilah foto yang ekspresif atau sedang melakukan kegiatan.

Kedua, carilah yang memiliki contrast berbeda antara subjek dan background sehingga lebih mudah untuk menghapus background foto.

Setelah dipilih buka foto di aplikasi background eraser untuk menghapus background foto, ikuti petunjuk yang ada di aplikasi.

Step 2

Jika ingin menggunakan speech bubbles didalam sticker, buka foto melalui aplikasi PicSticker-Photo Studio dan ketik kata kata didalamnya.

Disarankan mengubah background menjadi hitam atau putih menggunakan aplikasi ini.

Step 3

Setelah foto memiliki speech bubbles, buka kembali dengan aplikasi Background Eraser untuk menghapus background hitam atau putih tadi, lebih mudah menggunakan magic eraser.

Step 4
Buka aplikasi Personal Sticker for WhatsApp disana akan ada foto sticker yang sudah di edit dalam folder Background Eraser.

Perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya dapat meng-upload foto sebagai sticker jika ada minimal 3 foto didalam folder tersebut.

Setelah di upload. Maka sticker kamu dapat ditemukan dalam folder sticker di aplikasi WhatsApp dan dapat dishare dengan teman teman. Selamat mencoba dan berkreasi!

=========
sumber: teknomata.id

editor: eliza gusmeri