Pelantar.id – Saat ini masyarakat digital paling senang membagi kehidupan mereka ke media sosial. Tersedianya berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook dan Youtube membantu pengguna untuk bebas berekpresi.

Pada kenyataanya penggunaan media sosial dapat menyebabkan penggunanya bablas atau lupa waktu. Ternyata beberapa perusahaan media sosial mulai tanggap dengan durasi penggunaan media sosial. Satu di antaranya adalah Instagram dan Facebook.

Instagram dan Facebook saat ini termasuk jenis media sosial terbanyak yang digunakan. Untuk itu, mereka memperkenalkan dashboard pembatas waktu yang memperlihatkan berapa lama pengguna main Instagram.

Fitur pembatasan waktu itu masuk dalam bagian “Your Activity”. Fitur ini, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Jumat (16/11/2018), hadir dengan tool untuk mengatur batasan waktu saat sedang main Instagram.

Fitur tersebut memberikan pilihan untuk membungkam (mute) push notification dari Instagram. Sehingga, pengguna tidak melulu harus membuka Instagram saat ada notifikasi. Instagram dan Facebook percaya langkah tersebut dapat mengurangi kecanduan Instagram atau bisa istirahat sejenak dari dunia maya.

Kehadiran fitur ini bertujuan untuk memberi pengguna lebih banyak kontrol atas cara mereka berinteraksi dengan jejaring sosial yang mungkin berbahaya bagi kesehatan mereka, terutama jika dipakai secara berlebihan.

Fitur ini bisa ditemukan pada ikon yang ada di pojok kanan atas di laman profil. Fitur itu tepatnya ada di bawah opsi “Your Activity”.

===============

sumber: liputan6.com