pelantar.id – HMD Global, pemegang merek ponsel Nokia, resmi meluncurkan seri Nokia 8.1. Seri ini merupakan versi global dari Nokia 7.1 Plus (X7) yang sudah meluncur lebih dulu untuk negara Eropa.

Di kawasan Asia, termasuk Indonesia, ponsel ini akan masuk dalam waktu dekat. Di pasaran, Nokia 8.1 dibanderol dengan harga Rp6 jutaan.

Iklan

Tampak dari desain, Nokia 8.1 mengusung konsep bezel-less layaknya ponsel menengah atas terkini. Nokia 8.1 memiliki empat sisi bingkai yang tipis dengan sudut yang melingkar dengan tulisan “Nokia” di bagian dagu ponsel.

Ponsel dengan embel-embel “PureDisplay” ini disokong layar berjenis IPS LCD dengan besar 6,18 inci, resolusi 1080×2246 piksel. Di bagian layar sebelah atas, terdapat poni (notch) sebagai wadah kamera 20 megapiksel dengan lensa bukaan f/2,0.

Di bagian punggungnya terdapat kamera ganda dengan posisi vertikal di bagian tengah. Kamera utama ponsel memiliki resolusi 12 megapiksel dengan bukaan lensa f 1/2,55 dan lebar sensor 1,4 mikron.

Kamera tersebut memiliki fitur PDAF dan Optical Image Stabilization (OIS) selain lensa dengan dukungan Carl Zeiss.

Kamera belakang kedua memiliki resolusi 13 megapiksel, berguna sebagai depth sensorguna menghasilkan efek bokeh (blur) dalam memotret portrait.

Selain kamera ganda, terdapat juga sensor sidik jari sebagai kunci keamanan di bagian belakang Nokia 8.1. Posisinya tepat berada di bawah kamera yang dapat dijangkau dengan ujung jari telunjuk pengguna.

Ponsel Nokia

Beralih ke dapur pacu, Nokia 8.1 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 710, bisa dibilang spesifikasi chipset ini mengalami penurunan, mengigat model flagship Nokia 8 sebelumnya mengusung seri flagship Snapdragon 835.

Chip tersebut dipadankan dengan konfigurasi RAM dan penyimpanan internal 4 GB/64 GB.

Dilansir dari GSMArena, Kamis (6/12/18), Nokia 8.1 mengusung baterai kapasitas 3.500 mAh dengan dukungan fast charging dan menjalankan OS Android 9.0 Pie dengan antarmuka Android One.

Baca Juga : 

WizPhone, Ponsel Google Seharga Rp99.000 Hadir di Indonesia

Nokia 8.1 dijanjikan akan terus didukung pembaruan sistem operasi selama 2 tahun, dan pembaruan keamanan selama 3 tahun.

Nokia 8.1 tersedia dalam 4 pilihan warna, yakni Blue, Silver/Steel, Copper, Iron/Steel. Untuk harga Nokia 8.1, pengguna harus merogoh kocek  400 Euro atau sekitar Rp 6,6 juta.

Di sisi ketersediaan, Nokia 8.1 diketahui bakal bisa dipesan mulai 15 Desember, dan mulai dikirim ke pengguna 20 Desember, namun baru hanya untuk kawasan Timur Tengah.

Sumber : Kompas.com

Iklan