Pelantar.id – Instagram juga menaruh kepedulian untuk pengguna disabilitas. Flatform ini akhirnya membuat aplikasi yang mempermudah kalangan disabilitas untuk menggunakan instagram terutama untuk yang mengalami gangguan penglihatan.

Fitur ini sebenarnya lebih dulu digunakan Facebook selama bertahun-tahun, kini Instagram mengikutinya. Fitur yang dikembangkan Instagram tersebut berupa screen reader yang memungkinkan pengguna untuk mendeskripsikan foto baik dengan menggunakan Artificial Intellignece (AI) maupun dengan membaca deskripsi khusus yang ditambahkan oleh pengguna.

“Kami memperkenalkan dua peningkatan baru untuk memudahkan orang-orang dengan gangguan penglihatan untuk memakai Instagram. Dengan lebih dari 285 juta orang di dunia yang memiliki gangguan penglihatan, kami tahu ada banyak orang yang dapat memperoleh manfaat dari Instagram yang lebih mudah diakses,” kata Instagram dalam blog-nya.

Dilansir The Verge (29/11), pengguna akan mampu memasukkan deskripsi foto mereka sendiri, sehingga pengguna yang memakai software screen reader, bisa mendengar bacaan deskripsi ketika mereka berselancar di Instagram.

Deskripsi itu disebut sebagai “alt text” yang banyak digunakan secara online. Kini, dukungan itu juga tengah diimplementasikan di Instagram.

Jika foto yang diunggah tak disertai dengan deskripsi, Instagram akan secara otomatis mengidentifikasi apa yang ada dalam foto menggunakan teknologi pengenal objek. Teknologi itu kemudian akan membacakan deskripsi secara otomatis terkait foto dengan volume cukup keras.

Deskripsi alt teks memang tak akan terlihat sebagaimana caption Instagram. Sebagai gantinya, pengguna harus masuk ke pengaturan untuk menambahkan deskripsi itu pada unggahannya.

 

=======

sumber: tek.id