pelantar.id – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, mempromosikan paket ekonomi, wisata hingga budaya daerah itu ke Spanyol. Agenda menjual keunggulan Bintan itu dilakukan Bupati Bintan, Apri Sujadi dalam lawatannya ke Real Madrid, 12-16 September 2018.

Rangkaian promosi Pemkab Bintan tersebut dikemas dalam Trade with Remarkable Indonesia 2018 yang merupakan kerja sama BP Kawasan Bintan berafiliasi dengan Kedutaan Besar RI, Kementerian Luar Negeri RI, serta Kementerian Perdagangan RI di Spanyol. Paket ekonomi yang ditawarkan di antaranya, fasilitas investasi seperti fasilitas kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas atau Free Trade Zone (FTZ) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Selain itu, fasilitas Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) dan fasilitas kemudahan investasi lainnya juga turut dipromosikan. Sedangkan paket wisata, di antaranya kemudahan bagi investor dalam memperoleh perizinan mulai dari ketersediaan lahan dan penunjang investasi wisata lainnya. Paket tersebut dinilai sangat penting karena pariwisata selama ini menjadi sektor unggulan Bintan.

Bupati Bintan Apri Sujadi bersama istri, Deby membawa obor pada Festival Lampu Cangkok, di Desa Air Glubi, Kecamatan Bintan Pesisir, beberapa waktu lalu. Foto: Humas Pemkab Bintan

Selama di Spanyol, Apri Sujadi juga memperkenalkan paket budaya melalui ragam corak batik khas Bintan seperti batik padi emas, tanjak khas Melayu, dan kerajinan tangan yang dihasilkan para perajin Bintan. Menurut Apri, kegiatan ‘menjual’ Bintan ini sebagai upaya menarik sebanyak-banyaknya investor serta wisatawan mancanegara ke Bintan dengan menggunakan anggaran pemerintah pusat.

“Karena itu, Pemkab Bintan memanfaatkan betul kegiatan ini. Berbagai kegiatan/event pariwisata lengkap dengan paket-paket wisata ditawarkan. Kami berharap, melalui kegiatan ini, nama Bintan semakin dikenal di dunia internasional,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Apri optmistis kunjungan wisatawan mancanegara ke Bintan akan terus meningkat, begitu juga dengan jumlah penanam modalnya. Sebagai daerah yang berdekatan dengan negara Singapura dan Malaysia, Bintan sangat strategis untuk daerah investasi dan wisata. Akses dari dan menuju dunia internasional sangat mudah.

“Kami juga memanfaatkan lokasi Bintan yang strategis tersebut sebagai strategi pemasaran. Di ajang ini, kami berkesempatan mempresentasikan seluruh potensi yang ada di Bintan ke jejaring pelaku usaha di Spanyol. Ini peluang yang sangat bagus,” katanya.

Promosi Pihak Swasta
Kegiatan mempromosikan Bintan ke dunia internasional bukan hanya dilakukan pemerintah setempat. Pihak swasta juga aktif mengenalkan Bintan dengan semua potensinya ke relasi mereka di luar negeri.

PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi misalnya. Perusahaan yang mengelola kawasan wisata Lagoi tersebut pertengahan tahun lalu sudah mempromosikan Bintan khususnya destinasi wisata dan hotel baru di Lagoi dan Bintan, kepada agen perjalanan wisata dari 153 negara, di Fairmont Hotel, Raffles City, Singapura.

Wisatawan menikmati pantai di kawasan Lagoi, Bintan.
Foto: Dok. Dinas Pariwisata Bintan

Ketika itu, di hadapan ratusan pelaku usaha dan agen perjalanan tersebut, Vice President PT BRC, Frans Gunara menyampaikan, kawasan pariwisata Lagoi sudah membuka beberapa hotel baru, seperti Lagoi Bay Villa, Villa Resort Grand Lagoi, Pantai Indah Villa, Cassia Bintan dan beberapa resort lama yang sudah dipercantik seperti Club Med Hotel dan Treasure Bay. Ia juga menyebut sejumlah destinasi wisata baru seperti Safari Lagoi, Chill Cave Treasure Bay, Lantern Park Lagoi Bay, dan Bintan Eco Farm serta beberapa lapangan golf.

Bukan hanya potensi wisata di Bintan, PT BRC Lagoi juga mempromosikan destinasi wistaa di Kota Tanjungpinang yang berbatasan dengan Kabupaten Bintan seperti, vihara seribu patung Kstigarbha Bodhisattva, Pulau Penyengat, Rimba Jaya, dan gedung gonggong.

“Semua potensi wisata yang ada di Pulau Bintan kami promosikan. Harapannya tentu, semakin banyak wisatawan mancanegara yang datang ke sini,” katanya.

Menurut Abdul Wahab, General Manager Group PT BRC Lagoi, bekerja sama dengan para agen perjalanan merupakan promosi paling efektif untuk memberikan informasi yang lengkap kepada wisatawan. Untuk itu, dalam ajang Bintan Resort Travel Agent Updated 2017 tersebut, pihaknya sengaja mengundang beberapa agen perjalanan besar seperti Star Holiday, RMG Travel, Tour East, NTA dan agen-agen perjalanan lainnya yang memiliki jaringan lebih dari 200 negara.

Tentu saja, pihaknya juga melibatkan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata baik Bintan maupun Tanjungpinang. PT BRC Lagoi punya target sendiri.

“Kami targetkan ada 4 juta orang wisawatan yang datang ke Bintan pada 2019 nanti,” kata dia.

Editor : Yuri B Trisna