Pemeliharaan dan penataan sistem keamanan nasional dan ketertiban umum merupakan salah satu prestasi gemilang Polri di antara sejumlah prestasi lainnya.

Oleh : Firman Jaya Daeli

Mantan Tim Perumus UU Polri dan Anggota DPR-RI

 

Prestasi ini menjadi tonggak monumental yang dilakukan Kapolri Tito Karnavian sehingga stabilitas keamanan dan stabilitas politik senantiasa terjaga dan semakin terbangun. Pembangunan stabilitas keamanan pada dasarnya mengkondisikan dan menggerakkan stabilitas politik. Kualitas stabilitas keamanan dan politik menjadi prasyarat yang mendukung dan mendorong pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, dan pergerakan perekonomian Indonesia Raya.

Sejumlah perihal dan prasyarat inilah yang menjadikan Program Pemerintah Nasional (Nawacita) Jokowi-JK berhasil dan berarti. Pemerintahan Kenegaraan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden JK berhasil membangun stabilitas keamanan dan politik karena didukung rakyat Indonesia dan komunitas masyarakat internasional melalui kinerja Polri yang ProMoTer di bawah kepemimpinan Kapolri Tito Karnavian.

Polri juga semakin memperbaharui dan memperbaiki sistem perlindungan dan menejemen pelayanan masyarakat. Pembaruan dan perbaikan sistem penegakan hukum dan keadilan, juga tambah menunjukkan proses dan hasil yang relatif baik.

Stabilitas keamanan dan politik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tumbuh dan terbangun oleh Pemerintahan Jokowi-JK. Kualitas kesuksesan Pemerintahan Jokowi-JK dalam hal stabilitas keamanan dan politik pada hakekatnya berbasis pada pemeliharaan dan penataan keamanan nasional dan ketertiban umum yang berhasil diorganisasikan oleh institusi Polri dan jajaran.

Keberhasilan Polri dengan kepemimpinan Kapolri Tito Karnavian memelihara dan menata ini, serta keberhasilan Polri melaksanakan fungsi, tugas, kewenangan, dan tanggung jawab lainnya sangat mempengaruhi dan menentukan perjalanan dan pergerakan Indonesia.

Ada relasi kuat dan korelasi positif antara energi kepemimpinan Kapolri Tito Karnavian beserta kinerja Polri dengan penguatan stabilitas keamanan dan politik, pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, dan pergerakan perekonomian. Polri yang dipimpin dan dikendalikan Kapolri Tito Karnavian selama ini sudah berperan penting dan bertanggungjawab penuh secara bergotongroyong bersama jajaran TNI dan jajaran BIN serta jajaran terkait lainnya.

Kerja sama strategis dan teknis Polri, TNI, BIN, Kejaksaan, Kehakiman, dan lain-lain di bawah Pemerintahan Jokowi-JK merupakan modal utama dan kekuatan potensial. Perihal ini berguna dan berfungsi mengantisipasi dan mengatasi gerakan dan aksi dari sekelompok anasir sempit dan segelintir anasir kecil yang mengganggu, merusak, dan menghancurkan NKRI, kedaulatan bangsa, keutuhan wilayah, integrasi nasional ; ideologi dan falsafah Pancasila, konstitusi UUD 1945, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Institusi Polri sedang atau tengah dalam kondisi baik dan dalam keadaan bagus. Kepemimpinan Kapolri Tito Karnavian juga semakin dalam ranah berprestasi baik dan cemerlang bahkan dalam posisi pengabdian yang tambah mengharumkan nama baik Polri.

Kapolri bersama Anggota Polri merupakan bintang utama pengawal dan penjaga jiwa roh semangat Bhayangkara Negara. Jagalah Persatuan Polri, Kawallah Keutuhan Polri, Rawatlah Kerja sama Polri.

***