pelantar.id – Pernahkah Anda memutuskan meneguk kopi di pagi hari setelah melewati tidur yang sulit pada malam hari? Jika ya, mungkin Anda harus menghindarinya.

Para ahli menemukan bahwa orang yang minum kopi setelah gangguan tidur atau tidak dapat tidur mendapatkan respons gula darah 50% lebih tinggi saat sarapan, dibandingkan dengan mereka yang tidur normal.

Untuk mengindari hal itu, para ahli lebih menganjurkan untuk makan atau sarapan terlebih dulu sebelum meneguk kopi.

Sarapan terlebih dahulu dapat membantu orang menghindari lonjakan gula darah.

Minum kopi sebelum sarapan setelah tidur nyenyak dapat mengganggu kontrol gula darah. Penelitian tersebut diterbitkan 1 Juni di British Journal of Nutrition.

Para peneliti di University of Bath melihat sampel darah dari 29 orang dewasa selama tiga percobaan semalam untuk membandingkan kontrol gula darah mereka di pagi hari setelah tidur nyenyak atau buruk.

Dalam satu percobaan, peserta tidur dengan normal, mengonsumsi minuman manis saat bangun dengan cukup glukosa dan kalori. Dua percobaan lainnya meminta partisipan menjalani tidur malam yang terganggu.

Para peneliti menemukan bahwa meminum secangkir kopi yang kuat, yang mengandung sekitar 300 mg kafein, meningkatkan gula darah partisipan hingga 50%.

“Sederhananya, kontrol gula darah kita terganggu ketika pertama kali minum kopi terutama setelah tidur malam yang terganggu,” kata James Betts, yang mengawasi penelitian dan salah satu direktur Center of Nutrition, Latihan dan Metabolisme di University of Bath.

“Kita mungkin bisa memperbaiki ini dengan makan dulu baru minum kopi nanti jika kita merasa masih membutuhkannya. Mengetahui hal ini bisa memberi manfaat kesehatan yang penting bagi kita semua.”

 

Insider