Pelantar.id – Android Pie merubah sistem navigasi dari tombol ke gestur. Memang Android Pie bukan pelaku pertama yang memberlakukan sisterm tersebut. Awalnya dipopulerkan oleh iPhone X yang membuang semua tombol di layar depannya.

Fitur lainnya yang diubang Android Pie adalah fungsi tombol back. Meskipun masih membutuhkan tombol back, pada Android Pie sistem ini tidak dimunculkan di layar keculai ketika dibutuhkan saja atau muncul ketika dibutuhkan menemani icon berbentuk kapsul yang kini jadi ikon utama navigasi gestur.

Langkah Android Pie ini sepertinya juga akan diikuti oleh Google yang tampaknya tertarik dengan ikon kapsul yang secara keseluruhan dan menghilangkan tombol back di versi Android selanjutnya, yakni Android Q. Hal ini dilaporkan oleh XDA Developers yang mencoba kode Android Q awal. Dari laporannya, tombol back telah tiada.

XDA menjelaskan bahwa tombol home nantinya akan berfungsi sebagai tombol back dan tombol recent apps. Pengguna nantinya hanya tinggal menggeser ikon kapsul ke kiri untuk kembali. Hal ini membuat pengoperasian Android akan jadi lebih mudah.

Penggeseran ikon ke kiri ini juga digunakan untuk menggeser Anda ke deretan aplikasi yang telah terbuka. Jadi, perbedaan kecepatan dalam menggeser akan memberi peranan berbeda antara back dan membuka recent apps. Fungsi ini juga bisa digunakan dengan menggeser ke kanan.

Jika fitur ini benar-benar masuk ke Android Q nantinya, ini adalah perubahan terbesar yang diusung Android. Penggunakan tombol navigasi masih sangat luas digunakan oleh sebagian besar pengguna Android.

Meski demikian, masih perlu adanya finalisasi dan belum tentu fitur ini benar-benar akan masuk dan tombol back akan segera punah.