Pelantar.id – Setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan Covid-19 sudah menjadi pandemi, WHO segera menghimbau masyarakat dunia untuk menjaga kesehatan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat berulang kali menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kesehatan. Di antara langkah yang dapat ditempuh untuk menghindari virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan.

Meskipun mencuci tangan sangat mudah dilakukan, ternyata masih banyak yang salah dengan tahapannya. Bahkan sebuah studi Journal of Environmental Health menemukan hanya 5 persen orang Amerika Serikat mencuci tangan dengan benar.

CDC (Centers for Disease Control and Prevention) merekomendasikan untuk mencuci tangan selama 20 detik, tapi rata-rata orang mencuci tangan hanya selama sekitar enam detik. Jelas, mencuci tangan tidak akan mencegah penyakit jika orang tidak melakukannya dengan benar.

Berikut ada tata cara mencuci tangan yang benar yang dilansir dari brilio.net dan CDC.

1. Cuci tangan setidaknya selama 20 detik.

Waktu berapa lama kamu habiskan untuk mencuci tangan itu penting. Cucilah secara menyeluruh menutupi dan menggosok setiap permukaan kedua tangan.

CDC menyediakan panduan langkah demi langkah, mulai dari basahi tangan dengan air bersih, sabun busa di setiap permukaan, gosok tangan bersama-sama selama setidaknya 20 detik, dan bilas sebelum pengeringan.

2. Cuci ujung jari dan di bawah kuku.

Sebagian besar kuman ada di ujung jari. Dan mungkin ada juga di bawah kuku. Sayangnya kuku ujung jari adalah bagian dari tangan yang sering dilewati ketika orang mencuci tangan.

3. Cuci tangan kapan saja setelah aktivitas kotor.

Setelah dari kamar mandi, membersihkan hidung, batuk, atau bersin, dan sebelum makan, hendaklah cuci tangan dulu. Sekalipun merasa tangan tidak kotor, tetaplah mencuci tangan. Sebab akan selalu ada kuman di tangan walau pun tidak terlihat sama sekali.

4. Cuci tangan setelah bertemu dengan orang sakit.

Setelah bertemu atau berpapasan dengan orang sakit, harus selalu cuci tangan. Dalam sebuah studi, virus flu dapat bertahan di tangan dan permukaan lainnya selama 5 hingga 10 menit sebelum menghilang.

Selama jangka waktu tersebut, orang berisiko mencemari orang lain selama mereka tidak mencuci tangan. Jangan menyentuh wajah, terutama mulut, hidung, atau mata.

sumber: brilio.net