pelantar.id – Masalah rambut dapat menjadi masalah bagi penampilan seseorang. Apalagi perempuan. Sebagai mahkota, kesehatan rambut sangat diperhatikan perempuan untuk menunjang penampilan.

Namun masalah rambut terkadang mengganggu meskipun Anda sudah memperlakukannya dengan baik. Secara umum masalah rambut yang sering terjadi seperti ketombe, rambut lepek, rambut rontok dan patah.

Selain itu, penyebab lainnya yang sering dihadapi adalah masalah bau rambut. Mungkin Anda mengalaminya, mengapa rambut masih bau sementara sudah keramas tiap hari. Apa yang menyebabkan hal tersebut?

Masalah ini biasa disebut dengan smelly hair syndrome atau sindrom rambut bau. Gejala yang paling mencolok dari sindrom ini tentu saja bau yang menyengat dari rambut dan kulit kepala.

Bau itu dapat muncul hanya lebih kurang 12 jam setelah mereka mandi. Penyebab utama bau tersebut bukan berasal dari indikasi ketidakbersihan merawat rambut tapi bisa juga disebabkan oleh dermatitis seboroik, yaitu produksi minyak berlebih atau gangguan kulit kepala yang menyebabkan kulit kepala terkelupas, bersisik, atau memerah.

Anda tentunya tak ingin diasing karena bau rambut bukan? Untuk skala masalah bau rambut yang tidak berbahaya, di bawah ini ada beberapa treatmen yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari rambut bau. Berikut bocoran dari kutipan Fimela.com.

1. Menggunakan sampo kering

Sampo kering adalah satu produk perawatan yang wajib dimiliki, terutama jika tidak mencuci rambut setiap hari. Sampo kering adalah cara tercepat untuk mengatasi bau yang menempel di rambut.

2. Menggunakan parfum

Ini bukan cara terbaik yang bisa dilakukan, namun patut dicoba, terutama jika bau yang menempel di rambut hanya sedikit dan samar. Pilihlah aroma parfum yang lebih segar dan ringat, bukan bunga atau manis untuk mengatasi bau yang menempel di rambut.

3. Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial juga dapat digunakan untuk mengatasi bau yang menempel di rambut, tidak akan membuat rambut terasa berminyak. Pilihlah aroma favorit, seperti lavender, rosemary, eucalyptus, atau jeruk.

4. Menggunakan alat pengering dan air dingin

Air dingin dapat membuka kutikula rambut, membuatnya mengeluarkan semua bau tak sedap, dan memungkinkan penyerapan yang lebih baik dari minyak esensial, parfum, atau sampo kering yang digunakan. Jika rambut benar-benar bau, sebaiknya keramas, karena bisa jadi indikasi dari jamur atau penumpukan di kulit kepala.

5. Merawat rambut dengan bahan alami

Lidah buaya
Lidah buaya atau Aloe vera dapat menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut, tanaman yang satu ini juga bisa membantu kamu mencegah rambut rontok sekaligus membuat rambutmu bebas dari bau tak sedap lho.

Jeruk
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk bermanfaat untuk membunuh bakteri yang ada di kulit kepala karena sifat asamnya.

Tomat
Daging tomat memiliki kandungan pH yang cukup tinggi. Oleh karena itu, buah yang satu ini bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap pada rambut dan kulit kepala.

Minyak Esensial
Cara penggunaan minyak ini adalah dengan mengoleskan secara merata minyak esensial pilihanmu ke rambut. Kemudian pijat kulit kepalamu dengan lembut. Setelah itu bersihkan hingga tak ada lagi minyak esensial yang tersisa.

Bedak Bayi
Bedak bayi cara yang paling praktis dan mudah untuk memberikan aroma wangi sekaligus segar pada rambut secara singkat. Selain itu, bedak bayi juga bisa membuat rambutmu yang lepek kembali bervolume.

Penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan menaburkan bedak bayi secukupnya di kulit kepala dan batang rambut sehingga lebih mudah terserap.

=======
dari berbagai sumber

foto: dokter.id