pelantar.id – Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT, untuk menyiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi persaingan global. Tahun ini, program yang menyasar pada peningkatan keahlian mahasiswa di bidang profesional ini menghadirkan berbagai seminar dan talkshow inspiratif, program sertifikasi, pelatihan communication skill dan digital marketing, sebelum diadakan bootcamp sebagai tahapan akhir untuk memilih peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018.

General Manager Youth And Community Sumatera, Nurcahyo Rriyadi mengatakan, sebagai perusahaan yang turut bertanggung jawab dalam memajukan generasi muda Indonesia, Telkomsel terus berupaya untuk mendukung pengembangan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing di tingkat internasional.

“Melalui IndonesiaNEXT, kami berharap generasi muda kita semakin cakap dan kompeten untuk bersaing secara global,” katanya dalam keterangan tertulis pada pelantar.id, Selasa (2/10).

Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni (dua kiri) bersama GM Youth and Community Sumatera Nurcahyo Priyadi (tengah) dan Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Susi Herawati (dua kanan) di pembukaan IndonesiaNEXT 2018 di Auditorium Universitas Andalas, kemarin.
Foto: Dok.Telkomsel

Nurcahyo mengatakan, pada tahun ketiga penyelenggarannya, IndonesiaNEXT digelar di lebih banyak perguruan tinggi di Indonesia. Dengan demikian, akan semakin banyak mahasiswa yang dapat berpartisipasi dan mendapatkan kesempatan untuk menajamkan kompetensinya. Mengusung tema Yes, Im The Next, IndonesiaNEXT 2018 diadakan di 15 kota yakni, Bogor, Padang, Lampung, Bandung, Makassar, Pontianak, Semarang, Malang, Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Manado, Merauke dan Banjarmasin.

Untuk tahap awal, sebanyak 1.000 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi di wilayah Sumatera Barat dan wilayah Regional Sumbagteng akan berpartisipasi dalam seminar inspiratif dan pelatihan digital marketing. Seminar inspiratif yang menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya ini diharapkan akan memberikan gambaran tentang persaingan di industri, serta wawasan tentang peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global.

Baca Juga : Paket Bundling TAU Dynamic Plan Telkomsel, Kuotanya Lebih Besar

Pelatihan digital marketing akan berlangsung selama tiga hari, dimana peserta akan mendapatkan pelatihan materi sesuai minat yang dipilih sebelum mengikuti ujian sertifikasi internasional. Beberapa pilihan materi yang disediakan yaitu, Digital Content Marketing using Hubspot, Technical Design Presentation using Microsoft Office Powerpoint 2013, dan Visual Design and Communication using Adobe Photoshop CS6/CC.

Setelah mendapatkan pelatihan, 400 peserta terpilih akan mengikuti persiapan ujian terkait opsi sertifikasi internasional yang diminati. Ujian sertifikasi internasional sendiri diadakan secara online, yang terdiri dari sertifikasi Digital Marketing Certified Hubspot, Adobe Certified Associate Photoshop CS6/Creative Cloud 2018, dan Microsoft Office Specialist Powerpoint 2013.

“Kemudian dari 400 peserta sertifikasi, akan dipilih 100 peserta yang mendapatkan scoring sertifikasi terbaik, yang berkesempatan untuk mengikuti pelatihan Technical Data Processing dan ujian sertifikasi internasional Microsoft Office Specialist Excel 2013,” ujar Nurcahyo.

Suasana pembukaan IndonesiaNEXT 2018 di Auditorium Universitas Andalas, kemarin.
Foto: Dok.Telkomsel

Tahap selanjutnya adalah pelatihan Communication Skill, dimana akan ditentukan 30 peserta (TOP 30 Area) dari setiap kota berdasarkan nilai sertifikasi terbaik. Para peserta akan dilatih oleh pembicara dari Talk Inc. agar dapat melakukan presentasi dengan menarik, komunikatif, komprehensif dan informatif. Tahapan ini akan diakhiri dengan evaluasi dan penilaian dari trainer berdasarkan presentasi yang dibuat dan disajikan peserta di depan panel, untuk kemudian mendapatkan 3 peserta terbaik dari tiap-tiap kota (TOP 3 Area).

Kemudian, peserta TOP 3 Area akan mendapatkan pembekalan secara intensif dalam tahap National Bootcamp, dengan materi Impactful Presentation and Communication, Critical Thinking, dan Industry Insight. Pada akhirnya, Peserta Terbaik IndonesiaNEXT 2018 melalui proses National Qualification Panel.

Baca Juga : Duel ONE Championship Bisa Ditonton di Streaming Telkomsel

Nurcahyo mengatakan, pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT 2017, telah terpilih 10 peserta terbaik nasional dari lebih 11.000 peserta dari seluruh Indonesia. Belum lama ini, kesepuluh pemenang tersebut telah berkesempatan mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan teknologi ternama di San Francisco, Amerika Serikat.

Selama penyelenggaraan IndonesiaNEXT sejak tahun 2016, Telkomsel telah menghasilkan 4.036 peserta yang mengantongi sertifikasi internasional. Pada kompetisi 2017, tercatat 12.980 mahasiswa dari 529 perguruan tinggi yang melakukan registrasi pendaftaran.

 

Editor : Yuri B Trisna